KONSEP OOP DAN PENERAPANNYA (MODIFIER, CONSTRUKTOR, OVERLOADING, OVERRIDING)

KONSEP OOP DAN PENERAPANNYA (MODIFIER, CONSTRUKTOR, OVERLOADING, OVERRIDING)



KONSEP OOP DAN PENERAPANNYA (MODIFIER, CONSTRUKTOR, OVERLOADING, OVERRIDING)
1. KONSEP OOP ( Object Oriented Programming)

OOP atau yang biasa disebut pemrograman berorientasi objek adalah memprogram berdasarkan pada objek. Atau gampangnya adalah memprogram berdasarkan pada logika REAL LIFE yang bersifat objek. Pada konsep OOP dikenal istilah :

Atribut, atribut adalah ciri khas yang dimiki objek atau sifat khusus yang menempel pada objek. Contoh : warna mobil merah, roda mobil berjumlah 3, pintu mobil berjumlah 8.
Method, merupakan perilaku dari sebuah objek, gampangnya adalah itu objek bisa ngapain aja? Contoh : objek mobil punya method Jalan, dan method Rem.
•      Encapsulation, Membatasi hak akses pada sebuah kelas atau method.
•      Inheritance, membuat class anak dari superclass, penurunannya harus sesuai dengan logika
REAL LIFE. Menggunakan keyword extends. Contoh : Apel extends Buah
Abstraksi, Abstrak adalah belum jelas, jadi semua yang abstrak itu masih ngawang. Sebuah class abstrak tidak dapat dilakukan instansiasi objek, bayangkan saja... buatlah objek kendaraan! Kendaraan apa nih? Laut? Darat? Udara? Dan lainnya.
Polimorfisme,  artinya  adalah  banyak  bentuk.  Untuk  membuatnya  dapat  memanfaatkan Overriding ataupun Overloading Gampangnya adalah misal ada sebuah method bergerak, pada kelas :
a.   Kelas Manusia, bergerak adalah “Berjalan dengan 2 kaki”
b.   Kelas Sapi, bergerak adalah “Berjalan dengan 4 kaki”
c.   Kelas Amoeba, bergerak adalah “Ngesot dengan badannya”

2. HOW TO NGODING JAVA & PBO

a.   Mengerti struktur pada pemrograman java!


1)  Modifier Pertama
Modifier merupakan kata kunci yang dapat digunakan untuk memodifikasi, pada modifier pertama sering disebut modifier Hak Akses, ini merupakan salah satu konsep yaitu Encapsulation! Terdapat beberapa hak akses :




2)  Modifier Kedua
Pada modifier kedua dapat diisikan dengan keyword
•    Extends
menunjukan  bahwa  kelas  tersebut  merupakan  turunan  dari  kelas  lainnya.  Ini menerapkan konsep Inheritance.
•    Implemens
menunjukan bahwa kelas tersebut mengimplementasi sebuah interface.
•    Extends ... Implements ...
bahwa  kelas  tersebut  turunan  kelas  lain  dan  juga  mengimplementasi  sebuah interface.


3)  Atribut sebuah kelas
Pada kelas Segitiga terdapat ciri khas atau atribut berupa alas dan tinggi yang bertipe data Integer. Tentunya pada atribut kita juga dapat memberikan modifier Hak Akses maupun Permitted Modifier.


4)  Konstruktor
Konstruktor merupakan sebuah method dimana method yang memiliki nama yang sama dengan nama kelas. Konstruktor digunakan untuk menginisialisasi kondisi awal pada sebuah objek, contoh pada objek segitiga ini konstruktor digunakan untuk mengisialisasi nilai alas dan tinggi pada segitiga tersebut.


 5)  Method
OVERRIDE
Menulis  ulang  sebuah  method  sehingga  memiliki  implementasi  yang  berbeda, termasuk dengan menulis kode pada method yang masih kosong.


Pada class manusia terdapat deklarasi method kosong yang belum memiliki arti. Pada kelas dosen, method belajar yang awalnya kosong diisikan dengan “Menuju Laboratorium!!” ini dinamakan dengan override pada method belajar.


Pada kelas dosen, method belajar yang diisikan dengan “Menuju Laboratorium!!” ini pada kelas anaknya yaitu kelas nuklir dilakukan override menjadi berisikan “DUARR!!” bukan lagi “Menuju Laboratorium!!”.

BAGAIMANA SAAT MEMANGGIL METHOD BELAJAR PADA nuklir SEHINGA MENAMPILKAN HASIL :

“Menuju laboratorium!!” dan juga “DUARR!!” adalah dengan menambahkan kode pada method belajar kelas nuklir dengan



 

OVERLOADING

Overloading adalah method yang memiliki nama dan hasil yang sama namun berbeda dalam parameter( jumlah parameter maupun tipe data parameter).


Penggunaan overloading digunakan sesuai dengan kebutuhan programmer. Pada contoh diatas saat melakukan instansiasi objek kita dapat memilih apakah ingin mengisikan nid langsung pada konstruktor atau menggunakan method setNid.


Contoh lain overloading pada method belajar, dengan menambahkan parameter berupa
String alat.
STATIC

Pada method yang diberikan keyword “static” method tersebut dapat dipanggil tanpa harus menginstansiasi objek. Contoh :



Related Posts

Previous
Next Post »