11 Cara Menambah Disk Space di Komputer Windows


11 Cara Menambah Disk Space di Komputer Windows


11 Cara Menambah Disk Space di Komputer Windows

11 Cara Menambah Disk Space di Komputer Windows Mendapatkan pesan bahwa PC Anda kehabisan ruang dapat menjadi peristiwa yang menegangkan — atau, bahkan keadaan darurat yang sebenarnya jika Anda berada di tengah proyek penting. Kabar baiknya adalah Anda mungkin dapat membebaskan banyak ruang di PC Anda menjalankan Windows dengan mengikuti tips di sini. Tetapi jika Anda terus mendapatkan pesan tentang ruang drive yang rendah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi lain, termasuk menambahkan penyimpanan tambahan yang dapat dilepas.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kiat ini, lakukan urutan dari atas ke bawah. 




Periksa Ruang /Space Saat Ini Di PC Anda
1. swipe dari tepi kanan layar, ketuk Settings , lalu ketuk Change PC settings. (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar, gerakkan penunjuk mouse ke atas, klik Settings , lalu klik Change PC settings.)
2. Pilih PC and devices, lalu pilih Disk Space .
3. Di bawah Free up space on this PC , perhatikan jumlah ruang kosong dan ukuran total.
Tips
Anda dapat melihat ukuran aplikasi Windows Store dan memilih apakah akan mencopot pemasangannya dengan mengetuk atau mengeklik See my app sizes.

Anda juga dapat mengosongkan ruang dengan mengetuk atau Empty my Recycle Bin jika Anda memiliki file di sana.

Catatan
Jika Anda tidak melihat Disk Space, Anda tidak memiliki pembaruan terbaru untuk Windows 8.1 dan Windows RT 8.1. Untuk info lebih lanjut, lihat Instal Pembaruan Windows 8.1  (KB 2919355).

Anda juga dapat memeriksa ruang saat ini pada PC Anda di File Explorer dengan menSearch This PC .



Gunakan Disk Cleanup
Membersihkan PC Anda secara rutin membebaskan ruang drive dan membantunya berjalan lebih baik. Salah satu cara termudah untuk membersihkan file yang tidak lagi Anda perlukan adalah dengan menggunakan Disk Cleanup.

1. Buka Disk Cleanup dengan mengklik tombol Start. Di kotak penSearchan, ketik Disk Cleanup , dan kemudian, dalam daftar hasil, pilih Disk Cleanup .
2. Jika diminta, pilih drive yang ingin Anda bersihkan, lalu pilih OK .
3. Di kotak dialog Disk Cleanup di bagian Uraian, pilih Clean up system files.
4. Jika diminta, pilih drive yang ingin Anda bersihkan, lalu pilih OK .
5. Di kotak dialog Disk Cleanup , pada tab Disk Cleanup , pilih kotak centang untuk jenis file yang ingin Anda hapus, dan kemudian pilih OK . Untuk menghapus data dari penginstalan Windows sebelumnya, pilih kotak centang Previous Windows installation(s).
6. Di pesan yang muncul, pilih Delete files.
7. Kembali ke Computer di File Explorer, pilih drive yang Anda bersihkan, lalu pilih Refresh . Jika Anda perlu membebaskan lebih banyak ruang (drive masih ditandai merah), pergi ke ujung berikutnya.



Copot Pemasangan Aplikasi Desktop Yang Tidak Lagi Anda Butuhkan
Copot pemasangan aplikasi desktop yang tidak Anda perlukan lagi di Program dan Fitur.
Untuk menghapus atau mengubah program

1. Buka Program dan Fitur dengan mengklik  tombol Start, klik Control Panel, klik Program , lalu klik Programs and Features.
2. Pilih program, lalu klik Uninstall. Beberapa program menyertakan opsi untuk mengubah atau memperbaiki program selain menghapusnya, tetapi banyak yang hanya menawarkan opsi untuk menghapus instalan. Untuk mengubah program, klik Change or Repair
 Jika Anda dimintai kata sandi administrator atau konfirmasi, ketik kata sandi atau berikan konfirmasi.

Catatan
Jika program yang ingin Anda uninstall tidak terdaftar, itu mungkin tidak ditulis untuk versi Windows ini. Untuk menghapus program, periksa informasi yang disertakan dengan program.



Copot Pemasangan Aplikasi Windows Store Yang Tidak Lagi Anda Perlukan
Anda juga dapat mencopot pemasangan aplikasi Toko yang tidak Anda inginkan lagi.

1. Swipe dari tepi kanan layar, ketuk Settings, lalu ketuk Change PC settings. (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar, gerakkan penunjuk mouse ke atas, klik Settings, lalu klik Ubah settings PC.)
2. Pilih Search and apps, lalu pilih App sizes  untuk melihat berapa banyak ruang yang digunakan setiap aplikasi pada drive lokal.
3. Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda uninstall, pilih aplikasi, dan kemudian pilih Uninstall .

Catatan
Ini hanya akan mencopot pemasangan aplikasi Store dari akun pengguna Anda.



Arsipkan Atau Hapus File Yang Tidak Lagi Anda Gunakan
Jika Anda memiliki foto, musik, video, atau file lain yang ingin Anda simpan tetapi belum tentu Anda inginkan pada PC Anda, pertimbangkan untuk menyimpannya ke media yang dapat dilepas, seperti drive eksternal, drive USB, DVD, atau penyimpanan cloud. Anda masih dapat melihat file-file tersebut selama PC Anda terhubung ke media yang dapat dipindahkan atau penyimpanan cloud, tetapi mereka tidak akan memakan ruang pada PC Anda.

1. Buka This PCdengan mengSwipe dari tepi kanan layar, mengetuk Search (atau jika Anda menggunakan mouse, menunjuk ke sudut kanan atas layar, menggerakkan penunjuk mouse ke bawah, lalu mengklik Search ), memasuki This PCdi kotak penSearchan, dan kemudian mengetuk atau mengklik This PC.
2. Di kotak Search This PC di kanan atas, masukkan size:huge.
3. Pilih menu View , pilih Sort by , lalu pilih Size. File terbesar ditampilkan di bagian atas.
4. Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda hapus, tekan dan tahan atau klik kanan file dan kemudian pilih Delete.



Kurangi Ukuran Folder Winsxs
PERINGATAN
Menghapus file dari folder WinSxS atau menghapus seluruh folder WinSxS dapat sangat merusak sistem Anda dan menjadikannya mustahil untuk meStart ulang atau memperbarui PC Anda.
Folder WinSxS terletak di folder Windows pada PC Anda (misalnya, C: \ Windows \ WinSxS). Ini menyimpan file Windows Component Store, yang digunakan untuk mendukung fungsi yang diperlukan untuk menyesuaikan dan memperbarui Windows. Anda dapat menggunakan Penjadwal Tugas untuk mengurangi ukuran folder ini.

1. Swipe dari tepi kanan layar, lalu ketuk Search . (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar, gerakkan penunjuk mouse ke atas, lalu klik Search .)
2. Masukkan Control Panel di kotak penSearchan, dan kemudian pilih Control Panel .
3. Pilih System and Security, lalu pilih Schedule tasks  di bawah Administrative Tools.Pilih panah di sebelah Perpustakaan Penjadwal Tugas , pilih Microsoft , pilih Windows , lalu pilih Servicing .
4. Pilih StartComponentCleanup , dan kemudian pilih Run di bawah Selected item.



Buat File Onedrive Secara Online Saja
File yang tersedia secara offline mengambil lebih banyak ruang pada PC Anda. OneDrive juga membutuhkan 200 MB ruang kosong di PC Anda untuk menyinkronkan file Anda. Untuk mengosongkan ruang, Anda dapat membuat beberapa file atau folder secara online saja.

Catatan
Jika Anda memiliki akses semua file offline dihidupkan, Anda harus terlebih dahulu mematikan settings ini sebelum Anda dapat membuat file online saja.

Jika Anda memiliki unggahan tertunda ke OneDrive, Anda harus menunggu hingga selesai sebelum membuat file online saja.



Untuk Membuat File Online-Hanya Menggunakan Aplikasi Onedrive
1. Di layar Start, pilih OneDrive untuk membuka aplikasi OneDrive.
2. Jelajahi file atau folder yang ingin Anda buat secara online saja.
3. Geser ke bawah atau klik kanan file atau folder untuk memilihnya.
4. Pilih Make online-only. Untuk membuat seluruh online OneDrive Anda, geser dari tepi kanan layar (atau, jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar, dan gerakkan penunjuk mouse ke atas), pilih Settings , pilih Options , lalu pilih Make all files online-only.



Untuk Membuat File Online-Hanya Menggunakan File Explorer
1. Buka File Explorer dengan mengSwipe masuk dari tepi kanan layar, ketuk Search (atau jika Anda menggunakan mouse, menunjuk ke sudut kanan atas layar, gerakkan penunjuk mouse ke bawah, lalu klik Search ), masukkan File Explorer di kotak penSearchan, dan kemudian ketuk atau klik File Explorer .
2. Jelajahi file atau folder yang ingin Anda buat secara online saja.
3. Tekan dan tahan atau klik kanan file atau folder, lalu pilih Make available online-only . Untuk membuat seluruh online OneDrive Anda saja, tekan dan tahan atau klik kanan OneDrive, dan kemudian pilih Make available online-only .



Pindahkan File Onedrive Anda Ke Drive Yang Dapat Dilepas
Drive yang dapat dilepas harus diformat dengan sistem file NTFS.

Untuk memeriksa ketersediaan ruang
Sebelum Anda memindahkan file OneDrive Anda, Anda harus memastikan drive yang dapat dilepas memiliki cukup ruang untuk menyimpan file Anda. Ikuti langkah ini:

1. Buka File Explorer dengan mengSwipe masuk dari tepi kanan layar, ketuk Search (atau jika Anda menggunakan mouse, menunjuk ke sudut kanan atas layar, gerakkan penunjuk mouse ke bawah, lalu klik Search ), masukkan File Explorer di kotak penSearchan, dan kemudian ketuk atau klik File Explorer .
2. Tekan dan tahan atau klik kanan OneDrive.
3. Pilih Properties , dan kemudian lihat jumlah di sebelah Size on disk.
4. Di File Explorer, pilih This PC, dan kemudian lihat berapa banyak ruang kosong di removable drive.

Untuk memindahkan file OneDrive Anda
Pertama, Anda harus membuat folder pada drive yang dapat dilepas untuk file OneDrive Anda. Setelah Anda membuat folder, ikuti langkah-langkah berikut untuk memindahkan file Anda:
PERINGATAN
Memindahkan file OneDrive Anda akan membatalkan semua upload yang tertunda.
1. Di File Explorer, tekan dan tahan atau klik kanan OneDrive.
2. Pilih Properties , lalu pilih tab Location .
3. Pilih Move .
4. Jelajahi drive yang dapat dilepas, lalu pilih Select Folder .
5. Di kotak dialog OneDrive Properties , pilih OK .
6. Di kotak dialog Move Folder , pilih Yes. File OneDrive Anda telah dipindahkan ke drive baru. Anda sekarang dapat menghapus lokasi OneDrive lama.

Catatan
Untuk bantuan lebih lanjut dengan memindahkan file di OneDrive, hubungi dukungan pelanggan .



Tambahkan Lebih Banyak Penyimpanan
Strategi jangka panjang untuk memperluas kapasitas penyimpanan PC Anda adalah dengan menambah penyimpanan yang dapat dilepas, termasuk kartu SD, flash drive USB, DVD atau CD, atau menggunakan penyimpanan cloud atau drive jaringan. Opsi penyimpanan yang dapat dilepas:

·    Secure Digital (SD) cards. Ada beberapa jenis kartu yang berbeda, termasuk SD (32,0x24 mm), miniSD (21,5x20 mm), dan microSD (15,0x11 mm). Sangat penting untuk memeriksa dengan produsen PC Anda untuk memahami jenis opsi kartu SD yang tersedia di PC Anda.
Tip
Jika Anda menggunakan Surface, Anda dapat menambahkan hingga 64 GB penyimpanan dengan kartu microSD. Pada Surface RT, pembaca kartu microSD terletak di bawah kickstand di sisi kanan. Pada Surface Pro, pembaca kartu berada di tepi kanan, di atas sambungan listrik.

·    USB dan drive eksternal. Sebagian besar PC termasuk satu atau lebih port USB yang dapat Anda pasang flash USB atau drive eksternal ke dalamnya. Beberapa PC yang lebih baru termasuk port USB 3.0, yang termasuk kecepatan transfer lebih cepat hingga 10 kali lipat USB 2.0. Meskipun Anda dapat menggunakan USB 2.0 flash drive di port USB 3.0 (pada kecepatan transfer USB), Anda tidak dapat menggunakan USB 3.0 flash drive dengan port USB 2.0. Tanyakan pada produsen PC Anda untuk memahami port USB mana yang didukung oleh PC Anda.
·    DVD dan CD. Jika PC Anda memiliki drive CD, DVD, atau Blu-ray Disc yang dapat membaca dan menulis ke disk kosong, Anda dapat menggunakan drive untuk menyimpan data, seperti SD atau USB flash drive . Begini caranya: Saat Anda memasukkan disk kosong ke PC, pilih Like a USB flash drive dari daftar opsi.
·    Penyimpanan cloud menggunakan OneDrive. Windows hadir dengan aplikasi OneDrive, yang membantu Anda masuk ke penyimpanan OneDrive gratis Anda di awan, kadang-kadang disebut sebagai penyimpanan online. Anda dapat menyimpan file ke OneDrive dan bekerja dengan mereka dalam beberapa cara berbeda: di situs web ( OneDrive.com ), dengan aplikasi untuk Windows 8.1 dan Windows RT 8.1, dengan aplikasi desktop untuk PC atau Mac, dan dengan aplikasi untuk Anda perangkat seluler. 
·    Untuk melihat berapa banyak penyimpanan yang tersedia, dan menambahkan lebih banyak penyimpanan, geser dari tepi kanan layar (atau, jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan bawah layar), pilih Settings , pilih Change PC settings, dan kemudian pilih OneDrive . Anda juga dapat pergi ke Kelola penyimpanan di situs web OneDrive.




Terakhir Diperbarui: 1 Sep 2016


Related Posts

Previous
Next Post »