8 Cara Menambah Disk Space di Windows 10


8 Cara Menambah Disk Space di Windows 10


8 Cara Menambah Disk Space di Windows 10

8 Cara Menambah Disk Space di Windows 10Jika PC Anda kehabisan ruang kosong , Anda mungkin tidak dapat menginstal pembaruan Windows yangpenting , atau kinerja PC Anda mungkin terpengaruh . Berikut adalah beberapa cara untuk mengosongkan beberapa ruang drive sehingga Anda dapat menjaga PC Anda tetap up to date dan berjalan dengan lancar :




Jika Anda Mendapatkan Kesalahan Low Disk Space Karena Folder Temp Penuh
Jika Anda menggunakan Disk Cleanup untuk mengosongkan ruang pada perangkat Anda dan kemudian melihat kesalahan Low Disk Space, mungkin folder Temp Anda dengan cepat mengisi dengan file Apps (.appx) yang digunakan oleh Microsoft Store. Untuk lebih lanjut, lihat kesalahan Low Disk Space karena folder Temp penuh .



Kosongkan Ruang Dengan Storage Sense
Anda dapat menggunakan indera Storageuntuk mengRemove filesyang tidak perlu atau sementara dari perangkat Anda. (Tidak dapat menemukan pengertian Storagepada perangkat Anda menggunakan langkah-langkah di bawah ini? Lihat Free up space with Disk Cleanup  di bawah sebagai gantinya.)
1. Pilih Start  tombol, lalu pilih Settings > System > Storage.
2. Di bawah Storage, pilih Free up space now.
3. Windows akan membutuhkan beberapa saat untuk menentukan file dan Apps apa yang paling banyak memakan ruang di PC Anda.
4. Pilih semua item yang ingin Anda hapus, dan kemudian pilih  Remove files.

Catatan
Recycle Bin dan beberapa Settings lainnya tidak dipilih secara default. Anda mungkin harus menggulir ke bawah untuk memilih barang-barang ini. 
Pilih Recycle Bin untuk mengosongkan ruang yang diambil oleh file yang sebelumnya dihapus. Windows memindahkan file yang Anda hapus ke Recycle Bin jika Anda berubah pikiran dan membutuhkannya lagi di masa mendatang. Anda mungkin dapat membebaskan sejumlah besar ruang kosong dengan memilih Recycle Bin untuk mengRemove filesyang sebelumnya dihapus secara permanen .

Jika Anda menghidupkan penyimpanan, Windows secara otomatis akan mengosongkan ruang dengan menyingkirkan file yang tidak Anda perlukan, seperti file sementara dan item di Recycle Bin. 

1. Pilih Start  tombol, lalu pilih Settings > System > Storage.
2. Aktifkan Storage.  
3. Untuk memilih file mana yang Anda inginkan Storageuntuk dihapus secara otomatis, pilih Change how we free up space automatically, lalu pilih atau batalkan pilihan kotak centang untuk opsi di bawah Temporary FilesLocally available cloud content, dan Free up space now.



Kosongkan Ruang Dengan Disk Cleanup
Jika System Anda tidak memiliki rasa penyimpanan, Anda dapat menggunakan alat Disk Cleanup untuk mengRemove filessementara dan file System dari perangkat Anda.
1. Pilih Start tombol, ketik disk cleanup , lalu pilih Disk Cleanup dari daftar hasil.
2. Pilih kotak centang di sebelah jenis file yang ingin Anda hapus. (Untuk melihat deskripsi setiap jenis file, pilih namanya.) Secara default, Downloaded Program FilesTemporary Internet Files, dan Thumbnail dipilih. 
3. Untuk membebaskan lebih banyak ruang, pilih Clean up system files, lalu pilih jenis file System yang ingin Anda hapus.
Catatan
Jika sudah kurang dari sepuluh hari sejak Anda meningkatkan ke Windows 10, versi Windows Anda sebelumnya akan dicantumkan sebagai file System yang dapat Anda hapus. Jika Anda perlu mengosongkan ruang drive, Anda dapat menghapusnya dengan aman, tetapi perlu diingat bahwa Anda akan menghapus folder Windows.old Anda, yang berisi file yang memberi Anda opsi untuk kembali ke versi Windows sebelumnya. Menghapus versi Windows Anda sebelumnya tidak dapat diurungkan. 

4. Setelah Anda memilih jenis file yang ingin Anda hapus, pilih OK , dan kemudian pilih delete files di jendela konfirmasi untuk meStart pembersihan.
 




Copot Pemasangan Apps Dan Fitur Opsional Yang Tidak Anda Butuhkan
Menghapus Apps dan fitur opsional yang tidak Anda butuhkan adalah cara yang baik untuk membebaskan beberapa ruang ekstra pada drive Anda.
1. Pilih Start tombol, lalu pilih Settings > Apps  Apps & features
2. Anda akan melihat daftar Apps yang dipasang, termasuk berapa banyak ruang yang digunakan setiap orang dan ketika dipasang. Anda dapat mengurutkan berdasarkan Size untuk melihat Apps mana yang menggunakan paling banyak ruang.
3. Untuk menghapus instalan Apps, pilih dari daftar lalu pilih Uninstall .

Catatan
Jika Anda menghapus suatu Apps, Anda selalu dapat menginstalnya lagi nanti, baik dari Microsoft Store atau dari media instalasi apa pun yang telah Anda beli. Pastikan Anda memiliki media instalasi dan kunci lisensi yang mungkin perlu Anda instal ulang sebelum Anda menghapusnya. Jika Apps menyimpan data, Anda mungkin ingin mengekspor data tersebut terlebih dahulu atau menggunakan alat dan Settings dalam Apps untuk mengurangi cara ruang drive yang digunakan pada PC Anda.
Untuk mengosongkan ruang tambahan, Anda juga dapat menghapus fitur opsional, seperti paket bahasa dan bahasa keyboard yang tidak lagi Anda perlukan.
1. Pilih Start tombol, lalu pilih Settings > Apps  Apps & features
2. Pilih Manage optional features.
3. Anda akan melihat daftar fitur opsional yang diinstal, termasuk berapa banyak ruang yang digunakan setiap orang. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak lagi Anda butuhkan, pilih dan kemudian pilih Manage atau Uninstall.

Catatan
Untuk fitur-fitur yang berhubungan dengan bahasa, pilih Manage membuka halaman Settings Region & language, di mana Anda dapat memodifikasi atau menghapus paket bahasa apa pun yang tidak lagi Anda gunakan.



Kosongkan Ruang Untuk Menginstal Pembaruan Windows 10 Terbaru
Windows 10 mungkin menunjukkan bahwa perlu lebih banyak ruang untuk mendapatkan pembaruan fitur Windows 10 terbaru. Anda dapat menggunakan perangkat Storageeksternal untuk membantu Anda menyelesaikan pembaruan.
Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat Mengosongkan ruang untuk menginstal pembaruan Windows 10 terbaru . 
Catatan
Anda mungkin perlu menggunakan adaptor micro-USB jika perangkat Anda tidak memiliki port USB standar. 



Remove Files Pribadi Atau Pindahkan Ke Perangkat Storage Eksternal
File pribadi seperti video, musik, foto, dan dokumen dapat memakan banyak ruang pada perangkat Anda. Untuk melihat file mana yang menggunakan ruang paling banyak:
1. Buka File Explorer  dari bilah tugas dan temukan file yang ingin Anda pindahkan. 
2. Di bawah  This PC  di menu sebelah kiri, pilih folder untuk melihat file apa yang disimpan di dalamnya. The Video , Musik , Gambar , dan Downloads folder biasanya mengandung file terbesar yang telah Anda disimpan ke perangkat Anda.
3. Untuk melihat ukuran file dalam folder, pilih View > Details , lalu pilih Sort by > Size untuk menampilkan file terbesar di bagian atas daftar.
4. Jika ada file yang tidak lagi Anda perlukan di perangkat, Anda dapat menghapusnya atau memindahkannya ke perangkat Storageeksternal seperti drive USB atau kartu SD.

Catatan
Jika Anda mengRemove filesapa pun, ingatlah untuk mengosongkan Recycle Bin untuk menghapusnya sepenuhnya dari perangkat Anda dan mengosongkan ruang penyimpanan.
Untuk memindahkan foto, musik, video, atau file lain yang ingin Anda simpan tetapi jarang digunakan, pertimbangkan untuk menyimpannya ke perangkat Storageeksternal seperti drive USB atau kartu SD. Anda masih dapat menggunakannya ketika drive terhubung, tetapi mereka tidak akan memakan ruang di PC Anda.
1. Hubungkan perangkat Storageeksternal seperti drive USB atau kartu SD ke PC Anda.
2. Buka File Explorer dari taskbar dan masuk ke folder yang berisi file yang ingin Anda pindahkan.
1. Pilih file, lalu pilih Home tab, dan kemudian pilih Move to > Choose location...
3. Pilih perangkat Storageeksternal yang Anda hubungkan dalam daftar lokasi dan kemudian pilih Move.



Simpan File Pribadi Baru Ke Drive Lain
Menyimpan file baru ke drive lain akan membantu mencegah masalah ruang rendah pada drive itu di masa depan, jadi Anda tidak perlu memindahkan file Anda ke drive lain berulang kali . Alih-alih menyimpan semua file baru Anda ke drive default , Anda dapat menyimpan sebagian dari mereka ke drive yang berbeda yang memiliki lebih banyak ruang kosong .
1. Pilih Start  tombol, lalu pilih Settings > System > Storage
2. Di bawah More storage settings, pilih Change where new content is saved.
3. Untuk setiap jenis konten, pilih drive dari menu drop-down. Jika drive yang ingin Anda gunakan tidak terdaftar di sana, pastikan itu terhubung ke PC Anda.



Aktifkan On Drive File Onedrive 
Catatan
OneDrive Files On-Demand membutuhkan Pembaruan Windows 10 Jatuh Pencipta (Windows 10 versi 1709) dan klien OneDrive versi 17.3.7064.1005 atau lebih baru. Untuk melihat versi Windows mana yang Anda jalankan, pilih Start tombol, lalu pilih Settings System > About . Untuk melihat versi klien OneDrive mana yang telah Anda instal, lihat Versi mana dari OneDrive yang saya gunakan? 

Anda dapat menghemat ruang dengan mengaktifkan OneDrive Files On-Demand, yang menyimpan file “placeholder” yang lebih kecil di hard drive Anda, bukan file ukuran penuh yang disimpan di akun OneDrive Anda di cloud. Anda akan bisa masuk ke file OneDrive dari PC Anda tanpa harus menggunakan ruang hard drive untuk mengunduh versi ukuran penuh dari semuanya. Lihat Pelajari tentang On Drive OneDrive File untuk info lebih lanjut.




Dapatkan Bantuan Tambahan
Jika Anda telah mengikuti petunjuk di sini tetapi masih perlu bantuan untuk membebaskan ruang pada perangkat Anda, Anda dapat menghubungi dukungan Microsoft untuk mengobrol dengan agen dukungan. 


Terakhir Diperbarui: 24 Agustus 2018


Related Posts

Previous
Next Post »