Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet

Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet



Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet -  Internet

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia (singkatnya internet atau internet). Gambar ini menunjukkan salah satu cara untuk melihat Internet sebagai kumpulan LAN dan WAN yang saling berhubungan. Beberapa contoh LAN terhubung satu sama lain melalui koneksi WAN. WAN kemudian dihubungkan satu sama lain. Garis koneksi WAN merah mewakili semua jenis cara kami menghubungkan jaringan. WAN dapat terhubung melalui kabel tembaga, kabel serat optik, dan transmisi nirkabel (tidak ditampilkan).
Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok mana pun. Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur yang beragam ini memerlukan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan diakui secara umum serta kerja sama banyak lembaga administrasi jaringan. Ada organisasi yang telah dikembangkan dengan tujuan membantu mempertahankan struktur dan standarisasi protokol dan proses Internet. Organisasi-organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Corporation untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan (ICANN), dan Internet Architecture Board (IAB), plus banyak lainnya.
Catatan : Istilah internet (dengan huruf kecil "i") digunakan untuk menggambarkan beberapa jaringan yang saling berhubungan. Ketika mengacu pada sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan atau World Wide Web, istilah Internet (dengan huruf besar "I") adalah bekas.

Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet


Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet -  Intranet dan Extranet

Ada dua istilah lain yang mirip dengan istilah Internet:
Intranet
Extranet
Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang milik organisasi, dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain dengan otorisasi.
Suatu organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk memberikan akses yang aman dan aman ke individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda, tetapi membutuhkan akses ke data organisasi. Contoh ekstranet meliputi:
Perusahaan yang menyediakan akses ke pemasok dan kontraktor luar.
Rumah sakit yang menyediakan sistem pemesanan kepada dokter sehingga mereka dapat membuat janji untuk pasien mereka.
Kantor pendidikan setempat yang menyediakan informasi anggaran dan personil untuk sekolah-sekolah di kabupatennya.

Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet

Related Posts

Previous
Next Post »