6 Cara Recovery Di Windows 10 Lengkap [Permasalahan Dan Solusi]


6 Cara Recovery Di Windows 10 Lengkap [Permasalahan Dan Solusi]


6 Cara Recovery Di Windows 10 Lengkap [Permasalahan Dan Solusi]

6 Cara Recovery Di Windows 10 Lengkap [Permasalahan Dan Solusi] - Daftar Cara Recovery Option di Windows 10 Lengkap [Permasalahan dan Solusi] - Jika Anda mengalami masalah dengan PC Anda, tabel berikut dapat membantu Anda memutuskan opsi recovery mana yang akan digunakan. Untuk bantuan dengan Troubleshoot black screen problems “LINK” atau Troubleshoot blue screen errors “LINK”.


Problem : PC Anda tidak berfungsi dengan baik dan Anda baru saja menginstal aplikasi, driver, atau pembaruan.
Solusi : Restore dari system restore point

Problem : PC Anda tidak berfungsi dengan baik dan sudah lama sejak Anda menginstal aplikasi, driver, atau pembaruan.               
Solusi : Reset your PC

Problem : PC Anda tidak akan Start dan Anda telah membuat recovery drive.      
Solusi : Gunakan recovery drive untuk memulihkan atau meReset your PC

Problem : PC Anda tidak akan Start dan Anda belum membuat recovery drive.    
Solusi : Gunakan media instalasi untuk mengembalikan atau meReset your PC

Problem : PC Anda tidak akan Start, Anda belum membuat recovery drive, dan ulang PC Anda tidak berfungsi.     
Solusi : Gunakan media instalasi untuk menginstal ulang Windows 10

Problem : Anda ingin menginstal ulang sistem operasi Anda sebelumnya.              
Solusi : Kembali ke versi Windows Anda sebelumnya



Restore Dari System Restore Point
Option ini membawa PC Anda kembali ke titik waktu sebelumnya, yang disebut system restore point. Restore poin yang dihasilkan saat Anda menginstal aplikasi baru, driver, atau pembaruan Windows, dan ketika Anda  membuat restore point secara manual ”LINK”. Recovery tidak akan mempengaruhi file pribadi Anda, tetapi ini akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang dipasang setelah restore point dibuat.


1. Pilih Start  tombol, ketik control panel dan kemudian pilih dari daftar hasil.
2. Ketik  recovery  di kotak pencarian Control panel.
3. Pilih  Recovery  >  Open System Restore >  Next .
4. Pilih aplikasi terbaru, driver, atau perbarui daftar hasil, lalu pilih  Scan for affected programs. Anda akan melihat daftar item yang akan dihapus jika Anda menghapus restore point ini. Jika Anda setuju dengan penghapusan, pilih Next > Finish . Atau, jika diperlukan, pilih restore point sebelumnya sebelum memilih Next > Finish .

Catatan
Jika Anda tidak melihat restore point apa pun, itu mungkin karena perlindungan sistem tidak diaktifkan. Untuk memeriksa, buka Control panel , cari  Recovery , lalu pilih  Recovery  >  Configure System Restore >  Configure  dan pastikan  Turn on system protection  dipilih.



Reset PC Anda
Settings ulang memungkinkan Anda memilih apakah akan menyimpan file Anda atau menghapusnya, dan kemudian menginstal ulang Windows. Untuk meStart, buka Settings  >  Update & security  >  Recovery >  Reset This PC  > Get Start  dan pilih satu opsi.

Catatan
Jika Anda tidak dapat membuka Settings, Anda dapat mengatur ulang dengan me-restart PC Anda dari layar masuk. Tekan tombol logo Windows + L untuk masuk ke layar masuk, lalu tahan tombol Shift saat Anda memilih Power  > Restart di sudut kanan bawah layar. Setelah PC restart, pilih Troubleshoot > Reset This PC . Jika Anda tidak bisa masuk ke layar masuk, gunakan recovery drive atau media instalasi untuk meReset your PC.

Option
Apa yang dilakukannya
Keep my files
·         Pasang kembali Windows 10 dan simpan file pribadi Anda.
·         Menghapus aplikasi dan driver yang Anda pasang.
·         Menghapus perubahan yang Anda buat pada Settings.
·         Menghapus semua aplikasi yang dipasang pabrikan PC Anda. (Jika PC Anda datang dengan Windows 10, aplikasi dari pabrikan PC Anda akan diinstal ulang.)
Remove everything
·         Pasang kembali Windows 10 dan hapus semua file pribadi Anda.
·         Menghapus aplikasi dan driver yang Anda pasang.
·         Menghapus perubahan yang Anda buat pada Settings.
·         Menghapus semua aplikasi yang dipasang pabrikan PC Anda. (Jika PC Anda datang dengan Windows 10, aplikasi dari pabrikan PC Anda akan diinstal ulang.)
Jika Anda berencana untuk menyumbang, mendaur ulang, atau menjual PC Anda, gunakan opsi ini dan pilih untuk sepenuhnya membersihkan drive. Ini mungkin memerlukan waktu satu atau dua jam, tetapi ini mempersulit orang lain untuk memulihkan file yang telah Anda hapus.
Restore factory settings
·         Pasang kembali versi Windows yang disertakan dengan PC Anda (baik Windows 8 atau Windows 8.1) dan hapus file pribadi Anda.
·         Menghapus aplikasi dan driver yang Anda pasang.
·         Menghapus perubahan yang Anda buat pada Settings.
·         Pasang kembali semua aplikasi yang dipasang pabrikan PC Anda pada PC Anda.
Opsi ini tidak tersedia di semua PC.

Catatan
Opsi dalam Settings untuk kembali ke versi Windows Anda sebelumnya hanya tersedia untuk waktu yang terbatas setelah peningkatan.



Gunakan Recovery Drive Untuk Memulihkan Atau Mereset PC Anda
Jika PC Anda tidak mau hidup, Anda dapat menggunakan recovery drive untuk memulihkan dari system restore point atau meReset your PC. Untuk info tentang cara membuat recovery drive pada PC yang berfungsi, lihat Buat recovery drive ”LINK”
Jika Anda kesulitan mengakses driver yang dienkripsi dengan BitLocker, lihat Temukan kunci recovery BitLocker saya ”LINK”.
Untuk menggunakan recovery drive yang dibuat di Windows 10:
1. Hubungkan recovery drive dan nyalakan PC Anda.
2. Pada layar Choose an option , pilih Troubleshoot , lalu pilih opsi. (Jika Anda tidak melihat layar Choose Your Option , PC Anda mungkin tidak diatur untuk boot dari drive. Periksa situs web pabrikan PC Anda untuk info tentang cara mengubah urutan boot PC Anda.)
·         Untuk memulihkan dari system restore point, pilih  Advanced Options > System Restore. Ini tidak akan memengaruhi file pribadi Anda, tetapi ini akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang diinstal baru-baru ini yang mungkin menyebabkan masalah PC Anda.
·         Untuk menginstal ulang Windows 10, pilih  Restore from drive . Ini akan menghapus file pribadi Anda, aplikasi dan driver yang Anda instal, dan perubahan yang Anda buat ke Settings.

Catatan
Pada PC yang datang dengan Windows 8 atau Windows 8.1 dan partisi recovery dari pabrikan, pilih Restore from a drive   instal ulang versi Windows yang disertakan dengan PC, bukan Windows 10. Jika Anda tidak mencadangkan file sistem saat Anda membuat recovery drive Anda,  Recover from a drive  tidak akan tersedia.

Untuk menggunakan recovery drive yang dibuat pada Windows 8.1:
1. Hubungkan recovery drive dan nyalakan PC Anda.
2. Pada layar Choose an option , pilih Troubleshoot , lalu pilih opsi. Jika Anda tidak melihat layar Choose Your Option, PC Anda mungkin tidak diatur untuk boot dari drive. Periksa situs web pabrikan PC Anda untuk info tentang cara mengubah urutan boot PC Anda.
·         Restore dari system restore point dengan memilih Advanced Options > System Restore. Ini akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang diinstal baru-baru ini yang mungkin menyebabkan masalah PC Anda, tetapi itu tidak akan mempengaruhi file pribadi Anda.
·         Pilih Reset your PC > Yes, repartition the drive untuk menginstal ulang Windows 8.1. Ini akan menghapus semua file pribadi Anda, aplikasi dan driver yang Anda instal, dan perubahan yang Anda buat ke Settings. Aplikasi dari pabrikan PC Anda akan diinstal ulang dan partisi default drive akan diRestore.

Catatan
Jika Anda menggunakan recovery drive Windows 8.1 pada PC yang ditingkatkan ke Windows 10, Refresh your PC dan Reset your PC > No, keep existing partitions tidak berfungsi. Coba pilih Reset your PC > Yes, repartition the drive. Jika Anda memilih untuk tidak menyalin partisi recovery saat Anda membuat recovery drive, Reset your PC > Yes, repartition the drive tidak akan tersedia.



Menggunakan Media Instalasi Untuk Merestore Atau Mereset PC
Jika PC Anda tidak mau hidup dan Anda belum membuat recovery drive, unduh media instalasi dan gunakan untuk memulihkan dari system restore point atau Reset your PC.
1. Di PC yang berfungsi, buka situs unduhan perangkat lunak Microsoft ”LINK”.
2. Unduh alat pembuatan media Windows 10 dan kemudian jalankan.
3. Pilih Create installation media for another PC.
4. Pilih bahasa, edisi, dan arsitektur (64-bit atau 32-bit).
5. Ikuti langkah-langkah untuk membuat media instalasi, lalu pilih Finish .
6. Sambungkan media instalasi yang Anda buat ke PC nonfungsional Anda, dan kemudian hidupkan.
7. Pada layar Settings awal, masukkan bahasa Anda dan preferensi lainnya, lalu pilih Next . Jika Anda tidak melihat layar Settings, PC Anda mungkin tidak diatur untuk boot dari drive. Periksa situs web pabrikan PC Anda untuk info tentang cara mengubah urutan boot PC Anda, lalu coba lagi.
8. Pilih Repair your computer.
9. Pada layar Choose an option , pilih Troubleshoot . Dari sana, Anda dapat:
·         Restore dari system restore point dengan memilih Advanced Options > System Restore. Ini akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang diinstal baru-baru ini yang mungkin menyebabkan masalah PC Anda. Memulihkan dari restore point tidak akan mempengaruhi file pribadi Anda.
·         Pilih Reset This PC untuk menginstal ulang Windows 10. Ini akan menghapus aplikasi dan driver yang Anda instal dan perubahan yang Anda buat ke Settings, tetapi memungkinkan Anda memilih untuk menyimpan atau menghapus file pribadi Anda.



Menggunakan Media Instalasi Untuk Menginstal Ulang Windows 10
Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah ini, coba atur ulang atau kembalikan PC Anda menggunakan media instalasi. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat menggunakan media instalasi yang sama untuk menginstal ulang Windows 10 (juga disebut melakukan instalasi bersih Windows).
PERINGATAN
Ini akan menghapus semua file pribadi, aplikasi, dan driver yang Anda pasang, aplikasi, dan kustomisasi dari pabrikan PC Anda, dan perubahan yang Anda buat pada Settings.
1. Di PC yang berfungsi, buka situs unduhan perangkat lunak Microsoft ”LINK”.
2. Unduh alat pembuatan media Windows 10 dan kemudian jalankan.
3. Pilih Create installation media for another PC.
4. Pilih bahasa, edisi, dan arsitektur (64-bit atau 32-bit).
5. Ikuti langkah-langkah untuk membuat media instalasi, lalu pilih Finish .
6. Sambungkan media instalasi yang Anda buat ke PC non-fungsional Anda, dan kemudian hidupkan.
7. Pada layar Settings awal, masukkan bahasa Anda dan preferensi lainnya, lalu pilih Next . Jika Anda tidak melihat layar Settings, PC Anda mungkin tidak diatur untuk boot dari drive. Periksa situs web pabrikan PC Anda untuk info tentang cara mengubah urutan boot PC Anda, lalu coba lagi.
8. Pilih Install Now .
9. Pada tombol Enter the product untuk mengaktifkan halaman Windows , masukkan kunci produk jika Anda memilikinya. Jika Anda meng-upgrade ke Windows 10 secara gratis atau membeli dan mengaktifkan Windows 10 dari Microsoft Store, pilih Skip dan Windows akan secara otomatis diaktifkan nanti. Untuk detail lebih lanjut, lihat Aktivasi di Windows 10 ”LINK”.
10.   Pada halaman License terms , pilih I accept the license terms (jika Anda setuju dengan mereka), lalu pilih Next .
11.   Pada Which type of installation do you want? halaman, pilih Custom.
12.   Di Where do you want to install Windows?  halaman, pilih partisi, pilih opsi format (jika perlu), dan kemudian ikuti instruksi.
13.   Setelah Anda Finish memformat, pilih Next .
14.   Ikuti sisa instruksi penyiapan untuk menyelesaikan pemasangan Windows 10.



Kembali Ke Versi Windows Anda Sebelumnya
Untuk waktu yang terbatas setelah meningkatkan ke Windows 10, Anda akan dapat kembali ke versi Windows sebelumnya dengan memilih Start  tombol>  Settings Update & security  > Recovery  dan memilih  Get started di  bawah Go back to the previous version of Windows 10. Ini akan menyimpan file pribadi Anda, tetapi itu akan menghapus aplikasi dan driver yang dipasang setelah peningkatan, serta perubahan apa pun yang Anda lakukan pada Settings. Dalam banyak kasus, Anda akan memiliki 10 hari untuk kembali. 
Untuk kembali, Anda harus:
·    Simpan semuanya di folder windows.old dan $ windows. ~ Bt setelah peningkatan versi.
·    Hapus akun pengguna yang Anda tambahkan setelah peningkatan.
·    Ketahui kata sandi yang Anda gunakan untuk masuk ke Windows 7 atau Windows 8.1 (jika Anda menggunakannya).
·    Miliki USB drive yang Anda gunakan untuk meng-upgrade ke Windows 10 (jika Anda menggunakannya).

Catatan
Jika Anda kembali ke Windows 8.1, beberapa aplikasi yang datang dengan Windows, seperti Mail dan People, mungkin tidak berfungsi lagi. Untuk memperbaiki aplikasi, instal ulang dari Microsoft Store.



Jika kembali tidak tersedia
·    Periksa untuk melihat apakah Anda dapat memulihkan PC Anda ke Settings pabrik. Ini akan menginstal ulang versi Windows yang disertakan dengan PC Anda dan menghapus file pribadi, aplikasi dan driver yang Anda instal, dan setiap perubahan yang Anda buat ke Settings. Buka Settings > Update & security > Recovery > Reset This PC > Start dan cari Restore factory settings.
·    Jika Anda memiliki kunci produk untuk versi Windows Anda sebelumnya, gunakan alat pembuatan media untuk Windows 8.1 “LINK” atau Windows 7 “LINK” , kemudian lakukan instalasi bersih.



Info untuk Windows Insiders
Jika Insider dan preview saat ini tidak berfungsi untuk Anda, buka Settings > Update & security > Recovery > Go back to an earlier build. Ini tidak akan menghapus file pribadi Anda, tetapi itu akan menghapus aplikasi dan driver yang baru saja diinstal, dan mengubah Settings kembali ke defaultnya.
Kembali ke versi sebelumnya tidak akan menghapus Anda dari Program Orang Dalam. Ketika pembuatan pratinjau Next sudah siap, itu akan diinstal pada PC Anda.

Related Posts

Previous
Next Post »