4 Cara Mengatasi Black Screen Atau Blank Screen Windows 10


4 Cara Mengatasi Black Screen Atau Blank Screen Windows 10

4 Cara Mengatasi Black Screen Atau Blank Screen Windows 10

4 Cara Mengatasi Black Screen Atau Blank Screen Windows 10 - Ini tidak akan sering terjadi, tetapi mungkin ada saat ketika ada yang salah dan PC Anda akan menampilkan Black Screen atau kosong. Pilih kesalahan yang Anda alami dari daftar untuk mempelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperbaiki masalah.



Catatan
Sebagian besar tindakan yang harus Anda lakukan akan dilakukan dalam mode Aman. Pelajari cara memulai PC Anda dalam mode aman. Pelajari cara memulai PC Anda dalam mode aman .

Saya melihat Black Screen sebelum masuk ke Windows 10
Saya melihat Black Screen atau kosong setelah masuk ke Windows 10
Saya melihat Black Screen dengan titik-titik yang berputar
Saya melihat layar kosong atau hitam saat Settings atau upgrade



Saya Melihat Black Screen Sebelum Sign In Ke Windows 10


Jika Anda mengalami kesalahan Black Screen atau kosong setelah meningkatkan ke Windows 10, tetapi sebelum masuk, coba tindakan berikut:
Tindakan 1: Masukkan urutan tombol Windows untuk membangunkan layar.
Jika Anda memiliki keyboard yang terhubung, tekan tombol logo Windows + Ctrl + Shift + B. Jika Anda dalam mode tablet, tekan secara bersamaan tombol volume-up dan volume-down tiga kali dalam 2 detik.
Jika Windows responsif, bunyi bip pendek akan berbunyi dan layar akan berkedip atau redup saat Windows mencoba me-refresh layar.
Action 2: Periksa koneksi Anda.
Mungkin ada masalah koneksi dengan PC atau tampilan Anda. Berikut beberapa hal untuk dicoba:
·         Jika Anda menggunakan PC desktop:
·         Lihat apakah layar Anda dicolokkan dan dinyalakan.
·         Jika Anda memiliki TV yang terhubung ke PC Anda, pastikan sudah dihidupkan dan diatur ke input untuk PC Anda.
·         Coba sambungkan ke output video yang berbeda di PC Anda. Terkadang perubahan driver dapat menyebabkan video dikirim ke adaptor atau output display yang berbeda.
·         Jika Anda memiliki adaptor display sendiri yang terpasang dan terhubung ke display Anda, coba hubungkan layar Anda ke video yang terpasang di motherboard.
·         Jika Anda menggunakan laptop atau tablet:
·         Jika ada di stasiun dok, lepaskan sebentar.
·         Periksa apakah monitor eksternal dinyalakan dan dicolokkan.
·         Periksa kabel yang rusak (DVI, VGA, HDMI, Thunderbolt, DisplayPort), koneksi longgar, atau adaptor yang salah (seperti DVI-ke-VGA). 
·         Jika Anda menggunakan banyak layar, coba proyeksikan video ke monitor yang berbeda. Tekan tombol logo Windows+ P, pilih tampilan, lalu tekan Enter.
Tindakan 3: Hapus atau perbarui perangkat lunak antivirus pihak ketiga.
Beberapa perangkat lunak antivirus pihak ketiga telah diketahui menyebabkan Black Screen. Menghapus perangkat lunak tidak akan meninggalkan PC Anda tanpa perlindungan karena Windows Defender Antivirus akan menendang jika tidak ada perangkat lunak antivirus lain yang berjalan.
Tindakan 4: Lakukan boot bersih PC Anda.
Untuk informasi lebih lanjut tentang apa itu boot bersih dan bagaimana menjalankannya untuk versi Windows Anda, lihat Cara melakukan boot bersih di Windows. .
Tindakan 5: Lihat apakah Windows 10 mendukung kartu video PC Anda.

Catatan
Jika PC Anda tidak akanStartdalam Safe Mode with Networking, ikuti langkah-langkah untuk masuk ke mode Aman dan pilih 3 atau F3 untuk mengaktifkan video resolusi rendah sebagai gantinya. 
1.       Mulai PC Anda dalam mode Aman. Belajar bagaimana
2.       Dalam mode Aman, secara bersamaan tekan tombol logo Windows + R, ketik MSinfo32 , lalu pilih OK .
3.       Di MSinfo32, di bawah Components > Display, temukan model kartu dari kartu video PC Anda, dan lihat apakah itu kompatibel dengan Windows 10.



Saya Melihat Black Screen Atau Kosong Setelah Sign In Windows 10


Jika Anda masuk ke layar login dan kemudian layar Anda menjadi hitam atau kosong, coba tindakan berikut:
Tindakan 1: Coba urutan Kunci Windows untuk membangunkan layar.
Jika Anda memiliki keyboard yang terhubung, tekan tombol logo Windows + Ctrl + Shift + B. Jika Anda dalam mode tablet, tekan tombol volume-up dan volume-down secara bersamaan tiga kali dalam 2 detik.
Jika Windows responsif, bunyi bip pendek akan berbunyi dan layar akan berkedip atau redup saat Windows mencoba me-refresh layar.
Tindakan 2: Pasang kembali driver kartu grafis Anda.
1.       Mulai PC Anda dalam mode Aman. Belajar bagaimana
2.       Pilih kotak pencarian di taskbar, ketikkan device manager , dan kemudian pilih Device Manager .
3.       Perluas Display Adapter .
4.       Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor tampilan, lalu pilih Uninstall> OK .
5.       Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa Anda akan mengUninstall perangkat dari sistem. Jika opsi  Delete the driver software for this device  muncul, pilih kotak centang untuk menghapus perangkat lunak driver. Kemudian pilih  OK . 
6.       Mulai ulang PC Anda.

Catatan
Jika Windows terus mencoba untuk menginstal driver yang gagal, kemudian gunakan Mengembalikan kembali prosedur driver perangkat di Cara mencegah sementara pembaruan driver dari menginstal ulang di Windows 10 .
Tindakan 3: Hapus atau perbarui perangkat lunak antivirus pihak ketiga.
Beberapa perangkat lunak antivirus pihak ketiga telah diketahui menyebabkan Black Screen. Menghapus perangkat lunak tidak akan membuat PC Anda tidak terlindung, karena Windows Defender Antivirus akan menendang jika tidak ada perangkat lunak antivirus lain yang berjalan.
Tindakan 4: Lakukan boot bersih PC Anda.
Untuk informasi lebih lanjut tentang apa itu boot bersih dan bagaimana menjalankannya untuk versi Windows Anda, lihat Cara melakukan boot bersih di Windows .



Saya Melihat Black Screen Dengan Titik-Titik Yang Berputar


Jika Anda melihat Black Screen dengan titik-titik yang bergerak dalam pola melingkar kecil saat startup, biasanya berarti bahwa pembaruan sedang diselesaikan. Dalam hal ini, tidak ada yang perlu Anda lakukan kecuali menunggu. Namun, jika titik-titik ini tetap berada di layar terlalu lama setelah pembaruan, Anda mungkin memiliki kartu atau driver grafis yang tidak kompatibel atau tidak cocok. Coba tindakan berikut:
Action 1: Restart PC Anda.
Salah satu indikasi bahwa Anda mungkin perlu me-restart PC Anda adalah jika tidak ada aktivitas hard drive. Jika lampu indikator pada hard drive Anda, cobalah untuk me-restart.
Tindakan 2: Cabut peralatan USB yang tidak diperlukan.
Tindakan 3: Pasang kembali driver kartu grafis Anda. 
1.       Mulai PC Anda dalam mode Aman. Belajar bagaimana
2.       Pilih kotak pencarian di taskbar, ketikkan device manager , dan kemudian pilih Device Manager .
3.       Perluas Display adapter.
4.       Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor tampilan, lalu pilih Uninstall> OK . 
5.         Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa Anda akan mengUninstall perangkat dari sistem Anda. Jika opsi   Delete the driver software for this device   muncul, pilih kotak centang untuk menghapus perangkat lunak driver. Kemudian pilih OK .
6.       Mulai ulang PC Anda.
Aksi 4: Lakukan instalasi bersih
Jika Anda mencoba me-restart beberapa kali tanpa keberhasilan, pertimbangkan untuk melakukan instalasi bersih Windows 10 menggunakan alat pembuatan media. Belajar bagaimana



Saya Melihat  Black Screen Atau Kosong Saat Setup Atau Upgrade



Jika layar kosong atau hitam terjadi selama Settings atau peningkatan, mungkin ada masalah dengan driver, dan Anda mungkin tidak dapat kembali ke versi driver sebelumnya. Anda mungkin perlu mendapatkan driver video dari pabrikan PC Anda.
Pertama, coba urutan kunci Windows untuk membangunkan layar . Jika Anda memiliki keyboard yang terhubung, tekan tombol logo Windows+ Ctrl + Shift + B. Jika Anda berada di tablet, tekan tombol volume-up dan volume-down secara bersamaan  tiga kali dalam 2 detik. Jika Windows responsif, bunyi bip pendek akan berbunyi dan layar akan berkedip atau redup saat Windows mencoba me-refresh layar.
Jika Anda menggunakan Windows 10 dan mencoba meng-upgrade ke versi terbaru, Anda mungkin perlu kembali ke versi sebelumnya hingga driver yang lebih baru tersedia.
1.       Mulai PC Anda dalam mode Aman. Belajar bagaimana
2.       Pilih Start tombol, lalu pilih Settings Update & securityRecovery. Di bawah Startup Tingkat Lanjut, pilih  Restart now. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat layar konfigurasi biru. Pilih  TroubleshootAdvanced Options > Go back to the previous version.

Jika Anda meningkatkan ke Windows 10 untuk pertama kalinya, Anda mungkin perlu kembali ke versi Windows sebelumnya hingga driver yang lebih baru menjadi tersedia.
1.       Mulai PC Anda dalam mode Aman. Belajar bagaimana
2.       PilihStarttombol, lalu pilih Settings Update & securityRecovery.
3.       Di bawah Go back to Windows 8.1 , pilih Get started.


Related Posts

Previous
Next Post »