File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux


File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux

File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux


Izin Akses File
File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux - Di Linux, objek seperti file atau folder atau proses umumnya milik pengguna yang membuat atau memulai mereka. Ada beberapa pengecualian dari aturan ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang pengecualian, lihat Bab  Daftar Kontrol Akses di Linux (↑ Referensi). Grup yang dikaitkan dengan file atau folder tergantung pada grup utama milik pengguna saat membuat objek.

Saat Anda membuat file atau direktori baru, izin akses awal untuk objek ini ditetapkan sesuai dengan skema yang telah ditentukan. Sebagai pemilik file atau direktori, Anda dapat mengubah izin akses ke objek ini. Misalnya, Anda dapat melindungi file yang menyimpan data sensitif terhadap akses baca oleh pengguna lain dan Anda dapat mengotorisasi anggota grup Anda atau pengguna lain untuk menulis, membaca, atau mengeksekusi beberapa file Anda jika diperlukan. Seperti root, Anda juga dapat mengubah kepemilikan file atau folder.


Izin untuk Pengguna, Grup, dan Lainnya
File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux - Tiga set izin didefinisikan untuk setiap objek file pada sistem Linux. Kumpulan ini mencakup izin baca, tulis, dan jalankan untuk masing-masing dari tiga jenis pengguna — pemilik, grup, dan pengguna lain. Anda dapat melihat dan mengubah izin akses file atau folder di pengelola file desktop Anda, seperti yang dijelaskan di Bagian “Mengubah Izin Akses” (Bab 1, Memulai dengan Desktop KDE , ↑ Panduan Pengguna KDE) atau dalam shell (lihat Bagian 8.5, “Memodifikasi Izin File” ).
Contoh berikut menunjukkan output dari perintah ls -l di shell. Perintah ini mencantumkan isi direktori dan menunjukkan rincian untuk setiap file dan folder di direktori itu.
Contoh 7.1. Izin Akses Untuk File dan Folder
-rw-r ----- 1 tux users 0 2006-06-23 16:08 checklist.txt
-rw-r - r-- 1 pengguna tux 53279 2006-06-21 13:16 gnome_quick.xml
-rw -rw ---- 1 tux users 0 2006-06-23 16:08 index.htm
-rw-r - r-- 1 pengguna tux 70733 2006-06-21 09:35 kde-start.xml
-rw- r - r-- 1 pengguna tux 47896 2006-06-21 09:46 kde_quick.xml
drwxr-xr-x 2 pengguna tux 48 2006-06-23 16:09 lokal
-r-xr-xr-x 1 pengguna tux 624398 2006-06-23 15:43 tux.jpg
Seperti yang ditunjukkan pada kolom ketiga, semua objek milik pengguna tux. Mereka ditugaskan ke grup usersyang merupakan grup utama tuxmilik pengguna . Untuk mengambil izin akses, kolom pertama dari daftar harus diperiksa lebih dekat. Mari kita lihat file tersebut kde-start.xml:
Type
Izin Pengguna
Izin Grup
Izin untuk Orang Lain
-
rw-
r--
r--


Kolom pertama dari daftar terdiri dari satu karakter utama diikuti oleh sembilan karakter dikelompokkan dalam tiga blok. Karakter utama menunjukkan jenis file objek: dalam hal ini, tanda hubung ( ) menunjukkan itu kde-start.xmladalah file. Jika Anda menemukan karakter dsebagai gantinya, ini menunjukkan bahwa objek adalah direktori (seperti localpada contoh di atas). Tiga blok berikutnya menunjukkan izin akses untuk pemilik, grup dan pengguna lain (dari kiri ke kanan). Setiap blok mengikuti pola yang sama: posisi pertama menunjukkan izin baca ( r), posisi berikutnya menunjukkan izin menulis ( w), yang terakhir menunjukkan izin eksekusi ( x). Kurangnya izin baik ditunjukkan oleh -. Dalam contoh kami, pemilikkde-start.xmltelah membaca dan menulis akses ke file tetapi tidak dapat mengeksekusinya. The userskelompok dapat membaca file tetapi tidak dapat menulis atau melaksanakannya. Hal yang sama berlaku untuk pengguna lain seperti yang ditunjukkan oleh blok karakter ketiga.


File dan Folder
File Access Permissions (Izin Akses File) Pada Linux - Izin akses memiliki dampak yang sedikit berbeda tergantung pada jenis objek yang mereka terapkan: file atau direktori. Tabel berikut menunjukkan detailnya:

Tabel 7.2. Izin Akses Untuk File Dan Direktori
Izin akses
File
Folder
Baca (r)
Pengguna dapat membuka dan membaca file.
Pengguna dapat melihat isi direktori. Tanpa izin ini, pengguna tidak dapat daftar isi direktori ini dengan ls-l , misalnya. Namun, jika mereka hanya memiliki izin untuk menjalankan direktori, mereka tetap dapat mengakses file tertentu di direktori ini jika mereka mengetahui keberadaannya.
Tulis (w)
Pengguna dapat mengubah file: Mereka dapat menambah atau menjatuhkan data dan bahkan dapat menghapus isi file. Namun, ini tidak termasuk izin untuk menghapus file sepenuhnya dari direktori selama mereka tidak memiliki izin menulis untuk direktori tempat file tersebut berada.
Pengguna dapat membuat, mengganti nama atau menghapus file di direktori.
Jalankan (x)
Pengguna dapat mengeksekusi file. Izin ini hanya relevan untuk file seperti program atau skrip shell, bukan untuk file teks. Jika sistem operasi dapat mengeksekusi file secara langsung, pengguna tidak perlu membaca izin untuk mengeksekusi file. Namun, jika file yang harus saya tafsirkan seperti skrip shell atau program perl, izin baca tambahan diperlukan.
Pengguna dapat mengubah ke direktori dan mengeksekusi file di sana. Jika mereka tidak memiliki akses baca ke direktori itu, mereka tidak bisa daftar file tetapi dapat mengaksesnya jika mereka tahu keberadaan mereka.

Perhatikan bahwa akses ke file tertentu selalu bergantung pada kombinasi hak akses yang tepat untuk file itu sendiri dan direktori tempat file itu berada.


Related Posts

Previous
Next Post »