Info Olahraga

Olahraga memang kebutuhan sehari-hari bukan ? dengan olah raga kita akan memiliki tubuh yang sehat dan kuat, nah olahraga identik dengan beberapa permainan namun apakah kalian tahu bagaimana asal mulanya permainan tersebut populer dan siapa yang menciptakannya? nah berikut merupakan awal mula munculnya beberapa permainan :
      
   
      1. Permainan bola voli

Permainan bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh william G.Morgan, yaitu seorang pembina pendidikan jasmani di YMCA (Young Men Chistian Association) di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan menciptakan permainan diudara dengan cara pukul memukul, melewati jaring yang dibentangkan dengan lapangan yang sama luasnya. Bola yang digunakan saat itu adalah mengambil dari bagian dalam bola basket dan jaring (net) yang digunakan adalah jaring untuk main tennis.
Pada mulanya, permainan ini dibelri nama Minotte. Kemudian atas saran dari Dr.Halsted Springfield namanya diganti menjadi Volley Ball yang artinya memvoli bola secara bergantian. Mula-mula permainan ini hanya dimainkan dikalangan YMC tempat morgan bekerja, baru pada tahun 1992. YMCA berhasilmenyelenggarakan kejuaraan nasional voli yang pertama dan berlangsung sampai tahun1947. Pada tahun 1948, dibentuklah organisasi bola voli didunia dengan nama IVBF ( International Volley BallFederation).
Dinegara Indonesia, permainan bola voli masuk pada tahun1928 dibawa oleh guru-guru yangdatang dari negeri Belanda dan para serdadu Belanda. Bola Voli telah dipertandingkan dalam dalam PON II padatahun 1952 di Jakarta.kemudian pada tanggal 22 Januari 1955 terbentuklah PBVSI (persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta, bersamaan dengan kejuaraan nasionalyang pertama.


      2. Permainan Base

Permainan Base diciptakan oleh Abner Doubleday dari Coperstown New York tahun 1839. Kemudian pada tahun 1845 Alexander J. Catwright membuat peraturan bermain baseball. Peraturan menetapkan adanya beberapabase (benteng), dengan masing-masing jarak 27 meter.
Mereka juga menetapkan adanya home base, foullines, strikes out, tree out, tree outs innings, sertatidak lebih dari 9 pemain dalam satu regu. Tetapi pada 1846, knickerbockers, sebuah klub baseball di New York mencatat sejarah karena kekalahannya di New York Nine, 23 lawan1 dalam empat innings.
Sejak itulah klub-klub baseball amatirbermunculan,bahkan bertebaran ke kota-kota lainsekitarnya. Sampai terjadinya perang saudara tahun1861-1846, permainan ini terus sajaberkembang. Dalam waktu singkat, baseball munculmenjadi the Great American Pastime atau penghabis waktu senggang bagi orang Amerika.
Di indonesia,tidak jelas kapan baseball mulai berkembang. Namun, karena permainan ini tidak begitu berbeda dengan softball, lalu digabunga menjadi satu wadah. Meskipun cara bermain dan ukuran lapangan yang berbeda keduacabang olahraga ini dihimpun dalam suatu organisasi yang bernama Persatuan Baseball Dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASI).

        3. Gymnastics

Menurut sejarahnya Gymnastics berasal dari bahasa Yunani,yang artinya menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh atlet-atlet. Dalam abad Yunani kuno , senam  tidak untuk pertandingan, tetapi hanya untuk mempercantik bentuk tubuh. Senam sekarang ini berawal dari swedia sejak tahun 1800-a, yang menjalar ke seluruh Eropa Tengah dan Utara. Sejak 1896 sudah mulai dipertandingkan dan terus berlanjut sampai sekarang, baik perorangan ataupun beregu.
Di Indonesia lahir sekitar 1963 saat pesta olahraga Ganefo I di Jakarta  yaitu saat senam artistik(lantai)  mulai dipertandingkan. Sejak itulah terpikir membentuk suatu organisasi lalu pada tanggal 14 Juli 1963 lahitlah Persatuan Senam Indonesia (PERSANI).

        4.  Tenis

Olahraga tenis berasal dari sebuahpermainan Yunani Kuno. Akan tetapi,akhirnya olahraga ini menyebar keseluruh didunia melalui Amerika Timur.pada tahun 1879 tenis mulai dimainkan di atas lapangan kasar di santa monica, California. Selanjutnya, permainan ini dipertandingkan di Wimbledon yang pada waktu itu lapangan permainan masih berbentuk bujur sangkar dan netnya direndahkan.
Di Indonesia permainan ini belum diketahui secara persis kapan populernya. Namun pihak PELTI(Persatuan Lawn Tenis Indonesia) sepakat menetapkan Dr. Hoirep sebagai bapak tenis Indonesia.

       5.  Bulu tangkis

Permainan Bulutangkis telah ada pada sekitar abad ke-12 dilapangan olahraga kerajaan Inggris. Juga ada bukti-bukti yang menyatakan bahwa anggota-anggota kerajaan di polandia meminkan olahraga ini pada akhir abad 17 atau permulaan abad 18. Di Indiaolahraga ini dimainkan di poona dan sampai tahun 1970 permainan ini terkenal dengan nama poona disana. Belum dapat dipastikan apakah perwira-perwira perang di inggris yang membawa bulu tangkis ini ke india, atau sebaliknya mereka membawa permainan ini dari India keInggris. Yang dapat dipastikan nama ”badminton” untuk bulutangkis berasal dari nama kota Badminton, tempat kediaman Duke of Beaufort. Pada saat itu kemungkinan dimainkan dalam ruangan untuk pertamana kali. Akirnya badminton menjadi amat populer di Inggris. Pada tahun 1890an terbentuklah Asosiasi Bulutangkis ( Badminton Association). Pada tahun 1934 tercetuslah ide untuk membentuk organisasi atau badan bulutangkis internasional yang menampung kegiatan-kegiatan permainan bulutangkis dunia. Organisasi ini kemudian dikenal dengan nama International Badminton Federation (IBF). Organisasi ini selanjutnya pada tahun 1948-1949 untuk pertama kalinya menyelenggarakan kejuaraan beregu putra yang diberi nama Thomas Cup. Dan pada tahun 956-1957 untuk pertama kalinya diselenggarakan kejuaraan beregu putriyang disebut Uber Cup.



oke, nah itu tadi beberapa informasi mengenai permainan dalam olahraga yang sering kita mainkan.

Related Posts

Previous
Next Post »