Teks Eksplanasi Dan Contohnya

Teks Eksplanasi Dan Contohnya>>>



Selamat siang pagi atau sore untuk kalian semua ...hehe
kali ini saya akan berbagi sedikit tentang TEKS EKSPLANASI, apa itu teks eksplanasi marilah simak penjelasan berikut ...

PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI

Teks eksplanasi adalah suatu teks atau bacaan yang disusun dengan tujuan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena, entah itu fenomena sosial atau fenomena alam.
Teks eksplanasi memiliki 3 struktur antara lain :
a. Pernyataan umum
    Merupakan gambaran awal dari teks eksplanasi dan kalimat yang digunakan adalah kalimat-kalimat yang umum atau mudah dipahami.
b. Deretan Penjelasan (urutan sebab akibat)
    Merupakan penjelasan dari pernyataan umum yang telah digambarkan, penjelasan ini bersifat rinci dalam menjelaskan apa yang ingin disampaikan.
c. Interpretasi
    bagian ini berisi kesimpulan dari bacaan yang disampaikan oleh penulis. strukture interpretasi ini tidak harus ada dalam dalam teks eksplanasi.

Dalam teks eksplanasi ini banyak menggunakan kata kerja (verba) material dan relasional.
untuk lebih lengkapnya lihat disini.
Pengertian Verba Material Dan Verba Relasional.

CONTOH TEKS EKSPLANASI

Dalam membuat teks eksplanasi ini membutuhkan 2 unsur utama teks eksplanasi diatas, yaitu pernyataan umum dan deretan penjelas. Anda perlu mengetahui pengertian apa yang akan anda sampaikan dan apa sebab dan akibatnya.
Berikut contoh teks eksplanasi


GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah suatu bencana alam yang biasa terjadi di daerah yang memiliki banyak gunung aktif dan juga didaerah yang dikelilingi laut. Gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi karena pergeseran lapisan tanah didalam bumi atau aktifitas gunung berapi.

Gempa yang paling sering terjadi adalah gempa vulkanik dan tekntonik. Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena aktifitas magma di perut bumi. Gempa vulkanik biasanya terjadi sesaat sebelum terjadi letusan gunung api, dan gempa ini dirasakan oleh penduduk di daerah sekitar gunung berapi yang akan meletus. Contoh dari gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi di daerah sekitar Gunung Kelud.

Sedangkan gempa bumi tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh aktifitas pergeseran lempengan tanah didalam bumi. Gempa tektonik merupakan gempa yang memiliki daya rusak yang cukup dahsyat, gempa ini mampu meluluh lantah kan rumah. contohnya adalah gempa di Yogyakarta pada tahun 2006 yang memakan banyak korban, ratusan rumah hancur dan ribuan jiwa melayang karena jiwa tersebut.

Akibat dari gempa sendiri utamanya hancurnya rumah-rumah dan gedung bangunan. namun apabila gempa ini terjadi di daerah pegunungan atau dataran tinggi gempa dapat mengakibatkan tanah longsor, lain halnya dengan gempa yang terjadi di daerah pantai atau pinggiran laut, gempa ini dapat mengakibatkan tsunami yang mampu memakan lebih banyak korban. Sedangkan akibat gempa bagi masyarakat adalah kehilangan tempat tinggal, lingkungan yang kumuh, kekurangan air, timbul bibit penyakit, dan masih banyak lainnya.

-------______--------

Itulah dalah satu contoh teks eksplanasi mengenai gempa bumi.

Sekian untuk posting hari ini, mohon kritik dan saran apabila masih banyak kekurangan dalam blog ini.

TERIMAKASIH !!!




Related Posts

Previous
Next Post »