KUMPULAN SOAL JARINGAN KOMPUTER DAN JAWABANNYA (2)

KUMPULAN SOAL JARINGAN KOMPUTER DAN JAWABANNYA (2)


SOAL:
1. Jaringan komputer dapat dikatakan sebagai berikut:
A computer network is a group of interconnected computers and its allows to comunicate  with each other and to share resources and information. Jelaskan intinya!

2. Perhatikan gambar berikut:

Apakah fungsi dari:
a. Apakah fungsi dari Source
b. Apakah fungsi dari Transmitter
c. Apakah fungsi dari Transmision System
d. Apakah fungsi dari Receiver
e. Apakah fungsi dari Destination

3. Apakah fungsi dari Model transmisi (Transmission Mode), apakah yang dimaksud dengan:
a. Transmisi sistem simplex
b. Transmisi sistem Half Duplex
c.  Full Duplex
d. Berikan ilustrasi dalam bentuk gambar untuk sistem transmisi b dan c

4. Apakah yang Anda ketahui tentang:
a. LAN?
b. WAN?
c. MAN?
d. CAN?
e. PAN?

5. Jaringan komputer dapat diklasisfikasikan berdasarkan:
Fungsi dan struktur jaringan (structure/functional relation)
a. Client/Server
b. Peer to peer
Jaringan topologi
c. BUS
d. STAR
e. RING
f. MESH
g. TREE
Media jaringan (Network media)
a. Menggunakan kabel
b. Nirkabel (wireless
Jelaskan dari masing-masing tipe jaringan di atas! Dan lengkapilah dengan gambar!


JAWABAN:
1. Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer tersebut memungkinkan adanya pertukaran data dan berbagi sumber daya – sumber daya yang ada seperti printer, internet, dll.

2. Fungsi dari :
a. Source : Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.
b. Transmitter : Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi. Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).
c. Transmision System : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.
d. Receiver : Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.
e. Destination : Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.

3. Model transmisi :
a. Transmisi sistem simplex adalah sistem komunikasi yang searah serta hanya menggunakan satu jalur komunikasi.
b. Transmisi sistem half duplex adalah sistem komunikasi dua arah dilakukan dengan satu komputer mengirim sedangkan yang lain menerima tetapi tidak dapat dilakukan secara bersamaan.
c. Transmisi sistem full duplex adalah sistem komunikasi dua arah dilakukan dengan satu komputer mengirim dan yang lain menerima serta dapat dilakukan secara bersamaan.
d. Gambar model transmisi :


 4. Pengertian :
a. LAN singkatan dari Local Area Network dapat didefinisikan sebagai kumpulan komputer yang saling dihubungkan bersama didalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.
b. WAN singkatan dari Wide Area Network adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optik, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
c. MAN singkatan dari Metropolitan Area Network adalah kumpulan komputer yang saling dihubungkan bersama didalam sebuah kota.
d. CAN singkatan dari Controller Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang memungkinkan mikro kontroler dan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa komputer host.
e. PAN singkatan dari Personal Area Network adalah jaringan yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat seperti telepon, printer, mesin fax, dan lain – lain yang terletak dekat dengan single user.

5. Klasifikasi Jaringan
Fungsi dan struktur jaringan (structure/functional relation)
a. Client/Server diartikan jaringan yang terdapat server yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut. Jaringan ini terdiri dari banyak client dari satu atau lebih server.
b. Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap computer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan computer lain yang telah memberi izin. Jadi, secara sederhana setiap komputer pada jaringan peerberfungsi sebagai client dan server sekaligus.
Topologi Jaringan :
a. BUS

Pada topologi bus, terdapat lebih dari dua perangkat yang dihubungkan ke medium dan semuanya dapat mengirimkan sinyal pada medium tersebut.
 b. STAR

Pada topologi star setiap  host dihubungkan langsung ke konsentrator yang fisiknya dapat berupa hub, switch atau perangkat lain yang dapat menggabungkan koneksi banyak host. Pengiriman paket data pada topologi ini menggunakan metoda akses CSMACD atau CSMA/CA.
 c. RING

Pada topologi ring, semua workstation dan server dihubungkan secara berurut, sehingga terbentuk suatu pola lingkaran mirip cincin.
 d. MESH

MESH topologi dibangun dengan memasang link diantaraatation-station. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil.
 e. TREE

Topologi ini biasa disebut sebagai topolodi tree. Dibangun oleh seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui subnode dalam satu central node. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun  broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access.


Media jaringan :
a. Menggunakan kabel :  Media Guided adalah media transmisi yang melakukan pengiriman informasi/data menggunakan media yang tampak secara fisik, gelombang dipandu pengirimannya sepanjang jalur dimana sinyal disebarkan, meliputi Twisted pair, Coaxial Cable (tembaga) dan Fiber Optic.
b. Nirkabel (wireless)   : Media unguided mentransmisikan gelombang tidak tampak (cahaya/ gelombang elektro magnetik), namun tidak memandunya sekalian. Bentuk transmisi ini tidak memerlukan kabel sebagai penghantarnya. Udara bebas, atmosfer dan ruang angkasa (komunikasi satelit)




Related Posts

Previous
Next Post »