21 CONTOH PROGRAM INHERITANCE JAVA

21 CONTOH PROGRAM INHERITANCE  JAVA



21 Contoh Program Inheritance Java - Dalam contoh program berikut ini aplikasi yang saya gunakan adalah Netbeans. Teman-teman bisa mendownload Netbeans gratis diinternet. Atau teman-teman bisa juga menggunakan blueJ untuk membuat programnya. Baik berikut adalah adalah 21 contoh programnya :

PROGRAM 1 : INPUT OUTPUT STRING.

Source code :
package pertemuan1_1;

public class PERTEMUAN1_1 {

    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        System.out.println("Nama    :Santi Azhari");
        System.out.println("NIM     :12345");
        System.out.println("Alamat  :Gedong Jetis, Tulung, Tulung, Klaten");
        System.out.println("No.Telp :08560xxxxxxx");
        System.out.println("Email   :santi@gmail.com");
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas digunakan untuk mencetak data dalam bentuk string, diantaranya adalah Nama, NIM, Alamat, No Telp, dan Email yang telah dimasukkan kedalam program. Jadi ketika program dijalankan akan otomatis menampilkan isi dari program.
Public = memanggil variabel yang menentukan apakah dapat digunakan oleh bagian program
PERTEMUAN1_1 = kelas pengendali yaitu nama kelas yang akan dikendalikan oleh compiler java.
System.out.println = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip kemudian berganti baris


PROGRAM 2 : INPUT OUTPUT STRING

Source code:
package pertemuan1_2;

public class PERTEMUAN1_2 {

    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        System.out.print("Suatu saat perusahaan computer di dunia ");
        System.out.println("akan lebih dari lima dari sekarang.");
        System.out.println("Thomas Watson, IBM, 1943.");
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Pada program kedua ini mirip dengan program pertama perbedaannya adalah dalam program ini menggunakan System.out.print dan System.out.println. kedua perintah sama sama digunakan untuk mencetak hasil pada layar namun System.out.println = System.out.print + enter. Untuk jelasnya akan dibahas dibawah ini:
Public = memanggil variabel yang menentukan apakah dapat digunakan oleh bagian program
PERTEMUAN1_2 = kelas pengendali yaitu nama kelas yang akan dikendalikan oleh compiler java.
System.out.print = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip tanpa berganti baris (ibarat mengetik kemudian tidak dienter)
System.out.println = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip kemudian berganti baris (ibarat mencetak dilayar kemudian ditambahkan enter)



PROGRAM 3 : INPUT OUTPUT STRING DAN CHAR

Source code:
package pertemuan1_3;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class PERTEMUAN1_3 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
     
        // TODO code application logic here
        char kar;
     
        kar='A';
        System.out.print("Karakter adalah = ");
        System.out.println(kar);
     
        kar=70;
        System.out.print("Karakter Adalah = ");
        System.out.println(kar);
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas digunakan untuk mendeklarasikan tipe data char dan menampilkannnya dalam pada layar. Terjadi dua kali penampilan hasil yaitu yang pertama kar = ‘A’ dan yang kedua kar = 70.
Public = memanggil variabel yang menentukan apakah dapat digunakan oleh bagian program
PERTEMUAN1_3 = kelas pengendali yaitu nama kelas yang akan dikendalikan oleh compiler java.
System.out.print = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip tanpa berganti baris (ibarat mengetik kemudian tidak dienter)
System.out.println = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip kemudian berganti baris (ibarat mencetak dilayar kemudian ditambahkan enter)
char kar;  variabel kar bertipe data char
kar='A';  mendeklarasikan kar bernilai ‘A’
System.out.print("Karakter adalah = ");menampilkan string ke layar
System.out.println(kar); menampilkan isi dari tipe data kar
kar=70;  mendeklarasikan kar bernilai 70
System.out.print("Karakter Adalah = ");menampilkan string ke layar
System.out.println(kar); menampilkan isi dari tipe data kar


PROGRAM 4 : TIPE DATA DAN OPERATOR

Source code:
package pertemuan1_4;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class PERTEMUAN1_4 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int A=100, B=30;
        int jumlah = A+B;
        int kurang = A-B;
        int kali = A*B;
        float bagi = (float)A/B;
        int modulo = A%B;
     
        System.out.println("Penjumlahan: "+A+" + "+B+" = "+jumlah);
        System.out.println("Pengurangan: "+A+" - "+B+" = "+kurang);
        System.out.println("Perkalian: "+A+" * "+B+" = "+kali);
        System.out.println("Pembagian: "+A+" / "+B+" = "+bagi);
        System.out.println("Modulo: "+A+" mod "+B+" = "+modulo);
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas digunakan untuk mendeklarasikan tipe data integer dan melakukan proses perhitungan aritmatika.
Public = memanggil variabel yang menentukan apakah dapat digunakan oleh bagian program
PERTEMUAN1_4 = kelas pengendali yaitu nama kelas yang akan dikendalikan oleh compiler java.
System.out.print = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip tanpa berganti baris (ibarat mengetik kemudian tidak dienter)
System.out.println = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip kemudian berganti baris (ibarat mencetak dilayar kemudian ditambahkan enter)

        int A=100, B=30; mendeklarasikan variabel A dan B bertipe data integer dengan nilai A adalah 100 dan B adalah 30.
        int jumlah = A+B; melakukan proses perhitungan A ditambah B
        int kurang = A-B;  melakukan proses perhitungan A dikurangi B
        int kali = A*B;  melakukan proses perhitungan A dikali B
        float bagi = (float)A/B;  melakukan proses perhitungan A dibagi B
        int modulo = A%B;  melakukan proses perhitungan A mod B

        System.out.println("Penjumlahan: "+A+" + "+B+" = "+jumlah); menampilkan nilai dari variabel jumlah.
        System.out.println("Pengurangan: "+A+" - "+B+" = "+kurang);  menampilkan nilai dari variabel kurang.
        System.out.println("Perkalian: "+A+" * "+B+" = "+kali);  menampilkan nilai dari variabel kali.
        System.out.println("Pembagian: "+A+" / "+B+" = "+bagi);  menampilkan nilai dari variabel bagi.
        System.out.println("Modulo: "+A+" mod "+B+" = "+modulo);  menampilkan nilai dari variabel modulo.


PROGRAM 5: OPERASI TIPE DATA BOOLEAN

Source code:
package pertemuan1_5;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class PERTEMUAN1_5 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int A=100, B=30;
     
        boolean lb = A>B;
        boolean lk = A<B;
        boolean lbs = A>=B;
        boolean lks = A<=B;
        boolean sm = A==B;
        boolean tsm = A!=B;
     
        System.out.println(A+" > "+B+" => "+lb);
        System.out.println(A+" < "+B+" => "+lk);
        System.out.println(A+" >= "+B+" => "+lbs);
        System.out.println(A+" <= "+B+" => "+lks);
        System.out.println(A+" = "+B+" => "+sm);
        System.out.println(A+" != "+B+" => "+tsm);
   
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas digunakan untuk mendeklarasikan contoh tipe data boolean dan melakukan operasi perbandingan:
Public = memanggil variabel yang menentukan apakah dapat digunakan oleh bagian program
PERTEMUAN1_5 = kelas pengendali yaitu nama kelas yang akan dikendalikan oleh compiler java.
System.out.print = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip tanpa berganti baris (ibarat mengetik kemudian tidak dienter)
System.out.println = digunakan untuk mengeluarkan atau mencetak string yang terdapat dalam tanda kutip kemudian berganti baris (ibarat mencetak dilayar kemudian ditambahkan enter

        int A=100, B=30; mendeklarasikan variabel A dan B bertipe data integer dan nilainya.
        boolean lb = A>B; mendeklarasikan variable lb dan nilainya.
        boolean lk = A<B;  mendeklarasikan variable lk dan nilainya.
        boolean lbs = A>=B;  mendeklarasikan variable lbs dan nilainya.
        boolean lks = A<=B;  mendeklarasikan variable lks dan nilainya.
        boolean sm = A==B;  mendeklarasikan variable sm dan nilainya.
        boolean tsm = A!=B;  mendeklarasikan variable tsm dan nilainya.
        System.out.println(A+" > "+B+" => "+lb); menampilkan nilai dari varibel lb
        System.out.println(A+" < "+B+" => "+lk);  menampilkan nilai dari varibel lk
        System.out.println(A+" >= "+B+" => "+lbs);  menampilkan nilai dari varibel lbs
        System.out.println(A+" <= "+B+" => "+lks);  menampilkan nilai dari varibel lks
        System.out.println(A+" = "+B+" => "+sm);  menampilkan nilai dari varibel sm
        System.out.println(A+" != "+B+" => "+tsm);  menampilkan nilai dari varibel tsm


PROGRAM 6: MENGHITUNG LUAS PERSEGI, LINGKARAN DAN PERSEGI PANJANG

Source code:
package pertemuan1_6;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class PERTEMUAN1_6 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int r=20, sisi=7, panjang=8,lebar=12;
        double phi =3.14;
                 
        double l_lingkaran = phi*r*r;
        int l_persegi = sisi*sisi;
        int l_persegipanjang = panjang*lebar;
     
     
        System.out.println("Luas Lingkaran adalah "+l_lingkaran);
        System.out.println("Luas Persegi adalah "+l_persegi);
        System.out.println("Luas Persegi Panjang adalah "+l_persegipanjang);
        System.out.println("Merci :)");
                 
    }
}

Hasil program:



PROGRAM 7 : MENENTUKAN KELULUSAN DENGAN IF

Source code:
package tugas.pkg1;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int nilai = 70;
     
        if (nilai>=60){
            System.out.println("Nilai = "+nilai+" lulus ujian");
        }
     
    }
}

Hasil program:



Analisa :
Pada program diatas menggunakan flowcontrol atau percabangan if.
Int nilai = 70  digunakan untuk mendeklarasikan variabel bertipe integer dengan nilai 70
If (nilai>=60)  digunakan untuk memberikan seleksi bahwa nilai lebih dari 60 atau tidak.
System.out.println("Nilai = "+nilai+" lulus ujian");  apabila nilai lebih dari 60 akan menampilkan nilai .... lulus ujian
Apabila nilai kurang dari 60 maka program tidak akan menampilkan apa-apa



PROGRAM 8: MENENTUKAN DISKON PEMBELIAN DENGAN IF
Source code:
package tugas.pkg2;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS2 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int pembelian = 110;
        System.out.println("Jumlah pembelian = "+pembelian);
     
        if (pembelian>=100){
            System.out.println("Diskon = 20% ");
        }
        else{
            System.out.println("Diskon 5%");
        }
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas menggunakan flowcontrol atau percabangan if – else. Dan digunakan untuk menentukan diskon penjualan.

int pembelian = 110;  mendeklarasikan variabel pembelian bertipe integer dan memiliki nilai 110
System.out.println("Jumlah pembelian = "+pembelian); menampilkan output jumlah pembelian ..... pembelian

if (pembelian>=100){ melakukan seleksi kondisi pembelian >= 100
System.out.println("Diskon = 20% ");  statement jika kondisi terpenuhi
        }
else{ melakukan seleksi kondisi jika kondisi tidak terpenuhi
System.out.println("Diskon 5%");statement jika kondisi tidak terpenuhi
        }
    }
}


PROGRAM 9 : MENGHITUNG JUMLAH KOMISI DENGAN IF

Source code:
package tugas.pkg3;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS3 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
     
        double issurplus, salestotal, komisi;
        issurplus = 0;
        salestotal = 100000;
     
        if (issurplus ==0 ){
            if (salestotal < 10000000){
                komisi=0.02;
                System.out.println("komisi "+komisi);
            }
            else{
                komisi=0.04;
                 System.out.println("komisi "+komisi);
            }}
        else{
            if(salestotal < 10000000){
                komisi=0.03;
                System.out.println("komisi "+komisi);
            }
            else{
                komisi=0.06;
                System.out.println("komisi "+komisi);
            }}
        // TODO code application logic here
    }
 
}

Hasil program:


Analisa :
Program diatas digunakan untuk menghitung jumlah komisi dengan penggunaan flow control nested if atau if bersarang.

double issurplus, salestotal, komisi;  pendeklarasian tipe data variabel issurplus, salestotal, dan komisi
issurplus = 0; memberi nilai issurplus = 0
salestotal = 100000; memberikan nilai salestotal = 100000

if (issurplus ==0 ){ seleksi kondisi  apakah issurplus =0?
if (salestotal < 10000000){ seleksi kondisi salestotal < 1000000
komisi=0.02; pemberian nilai komisi jika issurplus = 0 dan salestotal < 1000000
System.out.println("komisi "+komisi); mengeluarkan nilai dari variabel komisi
}
else{ seleksi kondisi jika nilai awal tidak terpenuhi
komisi=0.04; pemberian nilai variabel komisi jika issurplus=0 dan salestotal>1000000
System.out.println("komisi "+komisi); mengelurakan nilai dari variabel komisi
}}
else{  seleksi kondisi jika issurplus tidak sama dengan 0
if(salestotal < 10000000){ seleksi kondisi salestotal < 1000000
komisi=0.03; pemberian nilai komisi jika issurplus > 0 dan salestotal < 1000000
System.out.println("komisi "+komisi);mengeluarkan nilai dari variabel komisi
}
else{ seleksi kondisi jika nilai awal tidak terpenuhi
komisi=0.06; pemberian nilai komisi jika issurplus > 0 dan salestotal > 1000000
System.out.println("komisi "+komisi); mengeluarkan nilai dari variabel komisi
}}
}


PROGRAM 10 : MENAMPILKAN TULISAN BERULANG DENGAN FOR

Source code :
package tugas.pkg5;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS5 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        int jumlah =9;
        for(int i=0;i<9;i++)
            System.out.println("Java");
 
    } 
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas menggunakan perulangan for  untuk melakukan pencetakan tulisan java sebanyak 9 kali. Berikut adalah analisa perbaris programnya.

int jumlah =9;  mendeklarasikan variabel jumlah bernilai 9.
for(int i=0;i<9;i++)  program perulangan untuk melakukan perulangan 9x. i=0 adalah nilai awal dari i, i<9 adalah kondiisi yang harus dipenuhi, i++ adalah program counter yang menambah nilai i setiap perulangan terjadi.
System.out.println("Java");  mencetak tulisan java pada layar.



PROGRAM 11: MENENTUKAN  NAMA HARI

Source code:
package tugas.pkg6;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS6 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        int hari=2;
        switch (hari){
            case 1:
                System.out.println("Senin");
                break;
            case 2:
                System.out.println("Selasa");
                break;
            case 3:
                System.out.println("Rabu");
                break;
            case 4:
                System.out.println("Kamis");
                break;
            case 5:
                System.out.println("Jumat");
                break;
            case 6:
                System.out.println("Sabtu");
                break;
            case 7:
                System.out.println("Minggu");
                break;
        }
    }
}

Hasil program:



Analisa :
Program diatas adalah program untuk menentukan nama hari berdasarkan menggunakan nilai dari variabel hari. Percabangan yang digunakan adalah switch case.

int hari=2;  mendeklarasikan variabel hari bertipe integer dan bernilai 2.
switch (hari){ menentukan nama variabel yang akan dijadikan parameter, dalam program diatas menggunakan variabel hari.
case 1:  apabila variabel hari = 1 maka....
System.out.println("Senin");  menampilkan output “senin”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 2:  apabila variabel hari = 2 maka....
System.out.println("Selasa");  menampilkan output “Senin”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 3:  apabila variabel hari = 3 maka....
System.out.println("Rabu");  menampilkan output “Selasa”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 4:  apabila variabel hari = 4 maka....
System.out.println("Kamis");  menampilkan output “Rabu”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 5:  apabila variabel hari = 5 maka....
System.out.println("Jumat");  menampilkan output “Jumat”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 6:  apabila variabel hari = 6 maka....
System.out.println("Sabtu");  menampilkan output “Sabtu”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.
case 7:  apabila variabel hari = 7 maka....
System.out.println("Minggu");  menampilkan output “Minggu”
break; menghentikan program jika kondisi telah terpenuhi.


PROGRAM 12 : INPUT BILANGAN PADA VARIABEL

Source code:
package tugas.pkg7;

import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS7 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner anam = new Scanner(System.in);
        int fact=1, nilai;
     
        System.out.print("input bilangan : ");
        nilai = anam.nextInt();
        System.out.println("Bilangan Faktorial : "+nilai+"!");
 
     
        for (int i=nilai;i>0;--i){
            System.out.print(+i);
            if (i>1){
                System.out.print(" x ");}
            else{
                System.out.print(" ");}
            fact=fact*i;
        }
 
        System.out.println("= "+fact);}
    }
 
Hasil program:



PROGRAM 13 : MENENTUKAN PREDIKAT NILAI DENGAN IF
Source code:
package tugas.pkg4;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS4 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        int nilai;
        nilai = 75;
        System.out.println("Nilai = "+nilai);
     
        if(nilai>=80)
            System.out.println("Predikat A");
        else if(nilai>=69)
            System.out.println("Predikat B");
        else if(nilai>=56)
            System.out.println("Predikat C");
        else if(nilai>=40)
            System.out.println("Predikat D");
        else
            System.out.println("Predikat E");
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas adalah program untuk menentukan grade nilai dengan menggunakan if else. Berikut adalah penjulasan tiap bari programnya.
int nilai; mendeklarasikan varibel nilai dengan tipe data integer
nilai = 75; memberi masukan nilai = 75.
System.out.println("Nilai = "+nilai); menampilkan nilai dari variabel nilai
if(nilai>=80) memberikan nilai kondisi jika nilai >80 maka predikat A
System.out.println("Predikat A");  mengeluarkan output “Predikat A”
else if(nilai>=69) memberikan nilai kondisi jika nilai >69 maka predikat B
System.out.println("Predikat B");  mengeluarkan output “Predikat B”
else if(nilai>=56) memberikan nilai kondisi jika nilai >56 maka predikat C
System.out.println("Predikat C");  mengeluarkan output “Predikat C”
else if(nilai>=40) memberikan nilai kondisi jika nilai >40 maka predikat D
System.out.println("Predikat D");  mengeluarkan output “Predikat D”
Else  memberikan kondisi lain jika semua kondisi tidak terpenuhi.
System.out.println("Predikat E");  mengeluarkan output “Predikat E”
}
}


PROGRAM 14 : MEMASUKKAN ANGKA PADA VARIABEL

Source code:
package percobaan;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class PERCOBAAN {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
     
        Scanner scan = new Scanner(System.in);
        int angka;
        angka= scan.nextInt();
        System.out.println("Angka = "+angka);
     
        // TODO code application logic here
    }
}

Hasil program:



PROGRAM 15: MENGHITUNG JUMLAH CICILAN DARI PINJAMAN

Source code:
package tugas.pkg1;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner anam = new Scanner(System.in);
        int monthsinyear = 12;
        double annualinterestrate, loanamount, monthlyinterestrate, monthlypayment, totalpayment;
        int loanperiod, numberpayment;
        double atas, bawah, pangkat;
     
        System.out.print("Loan Amount (Rp.):  ");
        loanamount = anam.nextInt();
        System.out.print("Annual Interest Rate (%): ");
        annualinterestrate = anam.nextInt();
        System.out.print("Loan Period (Year): ");
        loanperiod  = anam.nextInt();
     
        monthlyinterestrate = (annualinterestrate/100)/monthsinyear;
        numberpayment = loanperiod * monthsinyear;
        atas = loanamount * monthlyinterestrate;
        bawah = (1/(1+monthlyinterestrate));
        pangkat = (double)Math.pow(bawah,numberpayment);
        monthlypayment = atas / (1-pangkat);
        totalpayment = monthlypayment * numberpayment;
     
     
        System.out.println("                                  ");
        System.out.println("==================================");
        System.out.println("Loan Amount (Rp.): "+loanamount);
        System.out.println("Annual Interest Rate (%): "+annualinterestrate);
        System.out.println("Loan Periode (Year): "+loanperiod);
        System.out.println("Monthly Payment (Rp): "+monthlypayment);
        System.out.println("Total Payment (Rp): "+totalpayment);
        System.out.println("==================================");
     
     
     
     
        // TODO code application logic here
    }
 
}

Hasil program:


Analisa:
Program diatas digunakan untuk menghitung jumlah uang yang harus disahur atau dibayarkan berdasarkan besar pinjaman,  Bunga perbulan dan lama pelunasan. Hasil program nya adalah besar cicilan perbulan dan jumlah total yang harus dilunasi.

Import java.util.Scanner untuk mengaktifkan fungsi scanner.
Scannner anam = new Scanner(System.in)  membuat objek bernama anam.
Selanjutnya mendeklarasikan variable yang digunakan.
Mendeklarasikan rumus dan fungsi perhitungan
Math.pow() => Fungsi untuk menghitung operasi pangkat

Hasil akhir keluaran program adalah besar pinjaman, lama pinjam, Bunga perbulan, besar cicilan perbulan dan besar total yang harus dilunasi.


PROGRAM 16: MENENTUKAN NILAI BILANGAN FIBONANCI

Source code:
public class TUGAS2 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner anam = new Scanner(System.in);
        double n, fn, operasi1, operasi2;
     
        System.out.print("Masukkan Bilangan : ");
        n = anam.nextInt();
        operasi1 = (1+ Math.sqrt(5)) / 2;
        operasi2 = (1- Math.sqrt(5)) / 2;
        fn = (1/Math.sqrt(5))*((Math.pow(operasi1,n))- (Math.pow(operasi2, n)));
     
        System.out.println("Hasil Bilangan Fibonanci = "+fn);
        // TODO code application logic here
    }
}

Hasil program:


Analisa:
Program nomor 2 diatas digunakan untuk menghitung bilangan fibonanci. Yaitu dengan mendeklarasikan rumusnya. Ada beberapa fungsi yang digunakan dalam program diatas :
Import java.util.Scanner untuk mengaktifkan fungsi scanner.
Scannner anam = new Scanner(System.in)  membuat objek bernama anam.
Selanjutnya mendeklarasikan variable yang digunakan.
Mendeklarasikan rumus dan fungsi perhitungan
Math.pow() => Fungsi untuk menghitung operasi pangkat
Math.sqrt() => Mencari nilai akar sebuah angka

Hasil output program adalah bilangan fibonanci dari angka yang inputkan.


PROGRAM 17: OPERASI MATEMATIKA

Source code:
package tugas3;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS3 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner anam = new Scanner (System.in);
        double d1, phi=3.14;
     
        System.out.println(Math.ceil(-157.2));
        System.out.println(Math.floor(-157.2));
        System.out.println(Math.ceil(157.2));
        System.out.println(Math.floor(157.2));
        System.out.println(Math.round(-157.2));
        System.out.println(Math.ceil(-157.7));
        d1=3*phi*Math.sin(Math.toRadians(187))+Math.abs(Math.cos(Math.toRadians(122)));
        System.out.println(+d1);
     
        // TODO code application logic here
    }
}

Hasil program:


Analisa :
Program nomor 3 diatas adalah program untuk melakukan pembulatan dan menghitung sin, cos , nilai absolut. Ada beberapa fungsi matematika yang digunakan  antara lain :

Math.abs() => Membuat nilai absolute (Nilai Mutlak)
Math.ceil() => Pembulatan keatas pada sebuah bilangan decimal
Math.cos() => Mencari nilai cos
Math.floor() => Pembulatan kebawah pada sebuah bilangan decimal
Math.sin() => Mencari nilai sin
Math.toRadians() => Konversi angka menjadi satuan radian
Method Math.round() => berfungsi untuk membulatkan nilai angka ke bilangan terdekat.

Hasil akhir program adalah output dari bilangan-bilangan yang telah dimasukkan kedalam rumus.


PROGRAM 18 : PROGRAM MENGECEK KESESUAIAN NOMOR TELEPON

Source code:
package tugas.pkg4;

import java.util.Scanner;
//import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class TUGAS4 {
public static void main(String[] args) {
      String phoneStr;
      System.out.print("Masukan nomor hp anda: ");
      Scanner s = new Scanner(System.in);
      phoneStr = s.next();
      System.out.println(" ");
      System.out.print("No : " + phoneStr);
      char checkPola1 = phoneStr.charAt(3);
      char checkPola2 = phoneStr.charAt(7);
      char checkPola3 = phoneStr.charAt(8);
 
      int panjang = phoneStr.length();
      int syarat=0;
   
      for(int x=0;x<panjang;x++){
          char angka = phoneStr.charAt(x);
          if(angka == '1' || angka == '2' ||angka == '3' ||angka == '4' ||angka == '5' ||angka == '6' ||angka == '7' ||angka == '8' ||angka == '9' ||angka == '0' ||angka == '-'){
              syarat=1;
          }
          else{
              syarat=0;
              System.out.println(" TIDAK VALID!! ");
              break;
          }
        }
   
      if(syarat==1){
          if(checkPola1=='-'&&checkPola2=='-'){
                 System.out.println(" VALID!! ");
                }
          else if(checkPola1=='-'&&checkPola3=='-'){
                 System.out.println(" VALID!! ");
                }
          else{
                 System.out.println(" TIDAK VALID!! ");
                }
      }
    }
}

Hasil program :



PROGRAM 19: MENGGUNAKAN SINTAKS SUPER

Source code :
package objectcasting;

class machine{
    public void start(){
        System.out.println("machine started");
    }
 
    public void end(){
        System.out.println("Manchine ended");
    }
}

class camera extends machine{
    public void start(){
        super.start();
        System.out.println("camera started");
    }
 
    public void snap(){
        System.out.println("photo taken");
    }
}
public class Objectcasting {
    public static void main(String[] args) {
        camera machine1 = new camera();
        //machine machine2 = new machine();
        //machine1.start();
       // (machine1)
        machine1.start();
        machine1.snap();
        machine1.end();
    }
}

Hasil program:



PROGRAM 20 :  PENERAPAN KONSEP INHERITANCE DAN OVERRIDING

Source code:
package animalsound;

/**
 *
 * @author ANAM
 */
class animal{
    public void animalsound(){
        System.out.println("default sound");
    }
}

public class Animalsound extends animal{
    public void animalsound(){
        System.out.println("woof");
    }

    public static void main(String[] args) {
        animal obj = new Animalsound();
        obj.animalsound();
     
        // TODO code application logic here
    }
}

Hasil program:



PROGRAM 21 :MENGHITUNG LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG DAN LINGKARAN

Source code:
package luas.dan.keliling;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author ANAM
 */
public class hitung {
    Scanner input = new Scanner(System.in);
    static int counter =0;
    public void pilih() {
        int pilihan;
        System.out.println("=======DAFTAR MENU=======");
        System.out.println("1. Luas dan Keliling Lingkaran");
        System.out.println("2. Luas dan Keliling Persegi panjang");
        System.out.println("3. Keluar program");
        System.out.println("Pilihan Anda : ");
        pilihan=input.nextInt();
        luaskeliling(pilihan);
    } 
     public void luaskeliling(int x){
        if(x==1){
            int r;
            lingkaran a = new lingkaran();
            System.out.println("Jari-Jari Lingkaran : ");
            r=input.nextInt();
            a.setradius(r);
            a.hitungkeliling();
            a.hitungluas();
        }
        else if(x==2){
            int p,l;
            System.out.println("Panjang dan lebar persegi :");
            p=input.nextInt();
            l=input.nextInt();
            persegipanjang k = new persegipanjang(p,l);
            k.hitungluas();
            k.hitungkeliling();
        }
        else if(x==3){
            System.out.println("Terimakasih");
            System.exit(0);
        }
        else{
            System.out.println("Pilihan Salah!!");
        }
   
    }
   
    public static void main (String[] args){
        hitung x = new hitung();
        do{
            x.pilih();
        }while(counter==0);
    }
}

Hasil program:


Related Posts

Previous
Next Post »