7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini - Ketika teknologi baru dan perangkat pengguna akhir datang ke pasar, bisnis dan konsumen harus terus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah ini. Peran jaringan berubah untuk memungkinkan koneksi antara orang, perangkat, dan informasi. Ada beberapa tren jaringan baru yang akan memengaruhi organisasi dan konsumen. Beberapa tren teratas termasuk:

Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD) / Bring Your Own Device (BYOD)
Kolaborasi online / Online collaboration
Komunikasi video / Video communications
Komputasi awan / Cloud computing


Bawa perangkat Anda sendiri


7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini
Konsep perangkat apa pun, untuk konten apa pun, dengan cara apa pun, adalah tren global utama yang memerlukan perubahan signifikan terhadap cara perangkat digunakan. Tren ini dikenal sebagai Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD).

BYOD adalah tentang pengguna akhir yang memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi melalui jaringan bisnis atau kampus. Dengan pertumbuhan perangkat konsumen, dan penurunan biaya terkait, karyawan dan siswa dapat diharapkan memiliki beberapa alat komputasi dan jaringan paling canggih untuk penggunaan pribadi. Alat-alat pribadi ini termasuk laptop, netbook, tablet, smartphone, dan e-reader. Ini dapat berupa perangkat yang dibeli oleh perusahaan atau sekolah, dibeli oleh individu, atau keduanya.

BYOD berarti perangkat apa pun, dengan kepemilikan apa pun, digunakan di mana saja. Misalnya, di masa lalu, seorang siswa yang perlu mengakses jaringan kampus atau internet harus menggunakan salah satu komputer sekolah. Perangkat ini biasanya terbatas dan dilihat sebagai alat hanya untuk pekerjaan yang dilakukan di ruang kelas atau di perpustakaan. Konektivitas yang diperluas melalui akses seluler dan jarak jauh ke jaringan kampus memberi siswa fleksibilitas luar biasa dan lebih banyak kesempatan belajar bagi siswa.


Kolaborasi online


7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini
Individu ingin terhubung ke jaringan, tidak hanya untuk akses ke aplikasi data, tetapi juga untuk berkolaborasi satu sama lain. Kolaborasi didefinisikan sebagai "tindakan bekerja dengan orang lain atau orang lain pada proyek bersama." Alat kolaborasi, seperti Cisco WebEx yang ditunjukkan pada gambar, memberi karyawan, siswa, guru, pelanggan, dan mitra cara untuk langsung terhubung, berinteraksi, dan mencapai tujuan mereka.

Untuk bisnis, kolaborasi adalah prioritas penting dan strategis yang digunakan organisasi untuk tetap kompetitif. Kolaborasi juga merupakan prioritas dalam pendidikan. Siswa perlu berkolaborasi untuk saling membantu dalam pembelajaran, untuk mengembangkan keterampilan tim yang digunakan dalam angkatan kerja, dan untuk bekerja sama dalam proyek berbasis tim.


Komunikasi Video


Tren lain dalam jaringan yang sangat penting untuk upaya komunikasi dan kolaborasi adalah video. Video digunakan untuk komunikasi, kolaborasi, dan hiburan. Panggilan video dapat dilakukan ke dan dari mana saja dengan koneksi internet.

Konferensi video adalah alat yang ampuh untuk berkomunikasi dengan orang lain di kejauhan, baik secara lokal maupun global. Video menjadi persyaratan penting untuk kolaborasi yang efektif karena organisasi memperluas batas geografis dan budaya. Klik Mainkan pada gambar untuk melihat bagaimana TelePresence dapat dimasukkan ke dalam kehidupan dan bisnis sehari-hari.


Komputasi awan


7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini
Cloud computing adalah tren global lainnya yang mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data. Komputasi awan memungkinkan kita untuk menyimpan file pribadi, bahkan membuat cadangan seluruh hard disk drive kita di server melalui Internet. Aplikasi seperti pengolah kata dan pengeditan foto dapat diakses menggunakan Cloud.

Untuk bisnis, Cloud computing memperluas kemampuan TI tanpa memerlukan investasi dalam infrastruktur baru, melatih personel baru, atau melisensikan perangkat lunak baru. Layanan ini tersedia sesuai permintaan dan dikirimkan secara ekonomis ke perangkat mana pun di dunia tanpa mengorbankan keamanan atau fungsi.

Ada empat jenis primer Awan, seperti yang ditunjukkan pada gambar: Awan Publik, Awan Pribadi, Awan Hibrida, dan Awan Kustom. Klik setiap Cloud untuk mempelajari lebih lanjut.

Komputasi awan dimungkinkan karena pusat data. Pusat data adalah fasilitas yang digunakan untuk menampung sistem komputer dan komponen terkait. Pusat data dapat menempati satu ruangan di sebuah gedung, satu atau lebih lantai, atau seluruh bangunan. Pusat data biasanya sangat mahal untuk dibangun dan dirawat. Karena alasan ini, hanya organisasi besar yang menggunakan pusat data yang dibangun secara pribadi untuk menampung data mereka dan menyediakan layanan kepada pengguna. Organisasi yang lebih kecil yang tidak mampu memelihara pusat data pribadi mereka sendiri dapat mengurangi biaya kepemilikan keseluruhan dengan menyewa server dan layanan penyimpanan dari organisasi pusat data yang lebih besar di Cloud



Tren Teknologi di Rumah


7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini
Tren jaringan tidak hanya memengaruhi cara kita berkomunikasi di tempat kerja dan di sekolah, mereka juga mengubah hampir setiap aspek rumah.

Tren rumah terbaru termasuk 'teknologi rumah pintar'. Teknologi rumah pintar adalah teknologi yang terintegrasi ke dalam peralatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk saling terhubung dengan perangkat lain, menjadikannya lebih 'pintar' atau otomatis. Misalnya, bayangkan bisa menyiapkan hidangan dan menaruhnya di oven untuk memasak sebelum meninggalkan rumah untuk hari itu. Bayangkan jika oven 'menyadari' hidangan yang sedang dimasaknya dan terhubung ke 'kalender acara' Anda sehingga bisa menentukan waktu yang Anda harus makan, dan sesuaikan waktu mulai dan lama memasak sesuai dengan itu. Bahkan bisa menyesuaikan waktu dan suhu memasak berdasarkan perubahan jadwal. Selain itu, koneksi smartphone atau tablet memungkinkan pengguna kemampuan untuk terhubung ke oven secara langsung, untuk melakukan penyesuaian yang diinginkan. Ketika hidangan "tersedia",

Skenario ini tidak lama. Bahkan, teknologi rumah pintar saat ini sedang dikembangkan untuk semua kamar di dalam rumah. Teknologi rumah pintar akan menjadi lebih dari kenyataan sebagai jaringan rumah dan teknologi internet berkecepatan tinggi menjadi lebih luas. Teknologi jaringan rumah baru sedang dikembangkan setiap hari untuk memenuhi jenis kebutuhan teknologi yang berkembang ini.


Jaringan Powerline

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini

Jaringan Powerline adalah tren yang muncul untuk jaringan rumah yang menggunakan kabel listrik yang ada untuk menghubungkan perangkat, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Konsep "tidak ada kabel baru" berarti kemampuan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan di mana pun ada outlet listrik. Ini menghemat biaya pemasangan kabel data dan tanpa biaya tambahan untuk tagihan listrik. Menggunakan kabel yang sama yang menghantarkan listrik, jaringan kabel mengirim informasi dengan mengirim data pada frekuensi tertentu.

Menggunakan adaptor kabel listrik standar, perangkat dapat terhubung ke LAN di mana pun ada outlet listrik. Jaringan Powerline sangat berguna ketika titik akses nirkabel tidak dapat digunakan atau tidak dapat menjangkau semua perangkat di rumah. Jaringan Powerline tidak dirancang untuk menjadi pengganti pemasangan kabel khusus di jaringan data. Namun, ini merupakan alternatif ketika kabel jaringan data atau komunikasi nirkabel bukan merupakan pilihan yang layak.



Broadband Nirkabel

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Dunia Saat Ini

Menghubungkan ke Internet sangat penting dalam teknologi rumah pintar. DSL dan kabel adalah teknologi umum yang digunakan untuk menghubungkan rumah dan usaha kecil ke Internet. Namun, nirkabel dapat menjadi pilihan lain di banyak bidang.

Penyedia Layanan Internet Nirkabel (WISP)

Penyedia Layanan Internet Nirkabel (WISP) adalah ISP yang menghubungkan pelanggan ke titik akses yang ditunjuk atau hot spot menggunakan teknologi nirkabel serupa yang ditemukan di jaringan area lokal nirkabel (WLAN). WISP lebih umum ditemukan di lingkungan pedesaan di mana DSL atau layanan kabel tidak tersedia.

Meskipun menara transmisi terpisah dapat dipasang untuk antena, antena biasanya dipasang pada struktur yang ditinggikan, seperti menara air atau menara radio. Antena atau antena kecil dipasang di atap pelanggan dalam jangkauan pemancar WISP. Unit akses pelanggan terhubung ke jaringan kabel di dalam rumah. Dari perspektif pengguna rumahan, pengaturannya tidak jauh berbeda dengan DSL atau layanan kabel. Perbedaan utama adalah bahwa koneksi dari rumah ke ISP nirkabel daripada kabel fisik.

Layanan Broadband Nirkabel

Solusi nirkabel lain untuk rumah dan usaha kecil adalah broadband nirkabel, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ini menggunakan teknologi seluler yang sama yang digunakan untuk mengakses Internet dengan ponsel pintar atau tablet. Antena dipasang di luar rumah yang menyediakan konektivitas nirkabel atau kabel untuk perangkat di rumah. Di banyak daerah, broadband nirkabel rumah bersaing langsung dengan DSL dan layanan kabel.


Related Posts

Previous
Next Post »