Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer

Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer



Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer - Jaringan tersedia dalam berbagai ukuran. Mereka dapat berkisar dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer hingga jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat. Klik gambar pada gambar untuk membaca tentang jaringan dengan ukuran berbeda.

Jaringan sederhana yang dipasang di rumah memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar, dan musik antara beberapa komputer lokal.

Jaringan kantor rumah dan jaringan kantor kecil sering kali dibuat oleh individu yang bekerja dari rumah atau kantor jauh dan perlu terhubung ke jaringan perusahaan atau sumber daya terpusat lainnya. Selain itu, banyak wirausaha wiraswasta menggunakan jaringan kantor rumah dan kantor kecil untuk mengiklankan dan menjual produk, memesan persediaan dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Dalam bisnis dan organisasi besar, jaringan dapat digunakan pada skala yang lebih luas untuk menyediakan konsolidasi, penyimpanan, dan akses ke informasi di server jaringan. Jaringan juga memungkinkan komunikasi yang cepat seperti email, pesan instan, dan kolaborasi antar karyawan. Selain manfaat internal, banyak organisasi menggunakan jaringan mereka untuk menyediakan produk dan layanan kepada pelanggan melalui koneksi mereka ke Internet.

Internet adalah jaringan terbesar yang ada. Padahal, istilah Internet berarti 'jaringan jaringan'. Internet secara harfiah kumpulan jaringan pribadi dan publik yang saling berhubungan, seperti yang dijelaskan di atas.


Client Server
Semua komputer yang terhubung ke jaringan yang berpartisipasi langsung dalam komunikasi jaringan diklasifikasikan sebagai host. Host juga disebut perangkat akhir.

Server adalah komputer dengan perangkat lunak yang memungkinkannya memberikan informasi, seperti email atau halaman web, ke perangkat akhir lainnya di jaringan. Setiap layanan memerlukan perangkat lunak server terpisah. Misalnya, server memerlukan perangkat lunak server web untuk menyediakan layanan web ke jaringan. Komputer dengan perangkat lunak server dapat memberikan layanan secara bersamaan ke satu atau banyak klien. Selain itu, satu komputer dapat menjalankan beberapa jenis perangkat lunak server. Di rumah atau bisnis kecil, mungkin diperlukan satu komputer untuk bertindak sebagai server file, server web, dan server email.

Klien adalah komputer dengan perangkat lunak yang diinstal yang memungkinkan mereka untuk meminta dan menampilkan informasi yang diperoleh dari server. Contoh perangkat lunak klien adalah browser web, seperti Chrome atau FireFox. Satu komputer juga dapat menjalankan beberapa jenis perangkat lunak klien. Misalnya, pengguna dapat memeriksa email dan melihat halaman web sambil mengirim pesan instan dan mendengarkan radio Internet.

Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer

 Tiga server dipasangkan sesuai dengan penggunaannya, dan mereka adalah server email yang menjalankan perangkat lunak server email yang digunakan oleh komputer klien untuk mengirim dan menerima email. Berikutnya adalah server web yang meng-host halaman web dan klien menggunakan browser web untuk mengakses halaman-halaman itu. Server ketiga adalah server file yang menyimpan file untuk pengguna dan diakses oleh klien file untuk mengakses file.


Peer to Peer
Perangkat lunak klien dan server biasanya berjalan pada komputer yang terpisah, tetapi juga memungkinkan bagi satu komputer untuk menjalankan kedua peran secara bersamaan. Di usaha kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.

Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer

Satu PC juga terhubung ke printer dan berbagi printer dengan PC lainnya. Gambar tersebut juga mencantumkan kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer. Keuntungannya adalah mereka mudah diatur, mereka memiliki kompleksitas yang lebih sedikit, mereka lebih murah karena perangkat jaringan dan server khusus mungkin tidak diperlukan, dan mereka dapat digunakan untuk tugas-tugas sederhana seperti mentransfer file dan berbagi printer. Kerugiannya adalah mereka tidak memiliki administrasi terpusat, mereka tidak aman, tidak skalabel, dan semua perangkat dapat bertindak sebagai klien dan server yang dapat memperlambat kinerja mereka.

Perbedaan Penggunaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer


Related Posts

Previous
Next Post »