Cara Melihat dan Menyimpan Konfigurasi pada Cisco

Cara Melihat dan Menyimpan Konfigurasi pada Cisco



Simpan dan Menjalankan File Konfigurasi

Ada dua file sistem yang menyimpan konfigurasi perangkat:

startup-config - File yang disimpan di Non-volatile Random Access Memory (NVRAM) yang berisi semua perintah yang akan digunakan oleh perangkat saat startup atau reboot. NVRAM tidak kehilangan isinya ketika perangkat dimatikan.
running-config - File yang disimpan dalam Random Access Memory (RAM) yang mencerminkan konfigurasi saat ini. Memodifikasi konfigurasi yang sedang berjalan memengaruhi pengoperasian perangkat Cisco dengan segera. RAM adalah memori yang tidak stabil. Itu kehilangan semua kontennya ketika perangkat dimatikan atau dihidupkan ulang.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar, gunakan perintah show running-config privilege mode EXEC untuk melihat file konfigurasi yang sedang berjalan. Untuk melihat file konfigurasi startup, gunakan perintah show startup-config privilege istimewa.

Cara Melihat dan Menyimpan Konfigurasi pada Cisco
Jika daya ke perangkat hilang atau jika perangkat dihidupkan ulang, semua perubahan konfigurasi akan hilang kecuali mereka telah disimpan. Untuk menyimpan perubahan yang dibuat pada konfigurasi yang sedang berjalan ke file konfigurasi startup gunakan perintah running running-config startup-config privilege mode EXEC.


Mengubah Konfigurasi yang Berjalan

Jika perubahan yang dibuat untuk menjalankan konfigurasi tidak memiliki efek yang diinginkan dan file running-config belum disimpan, Anda dapat mengembalikan perangkat ke konfigurasi sebelumnya dengan menghapus perintah berubah secara individu atau reload perangkat menggunakan ulang privileged EXEC mode perintah untuk mengembalikan startup-config.

Kelemahan dari menggunakan perintah memuat ulang untuk menghapus konfigurasi berjalan yang belum disimpan adalah jumlah waktu singkat perangkat akan offline, menyebabkan downtime jaringan.

Saat memulai memuat ulang, iOS akan mendeteksi bahwa konfigurasi yang berjalan memiliki perubahan yang tidak disimpan ke konfigurasi startup. Sebuah prompt akan muncul untuk menanyakan apakah akan menyimpan perubahan. Untuk membuang perubahan, masukkan n atau no .

Atau, jika perubahan yang tidak diinginkan disimpan ke konfigurasi startup, mungkin perlu untuk menghapus semua konfigurasi. Ini membutuhkan penghapusan konfigurasi startup dan restart perangkat. Konfigurasi startup dihapus dengan menggunakan perintah mode EXEC privilege erase startup-config . Setelah perintah dikeluarkan, switch akan meminta Anda untuk konfirmasi. Tekan Enter untuk menerima.

Setelah menghapus konfigurasi startup dari NVRAM, muat ulang perangkat untuk menghapus file konfigurasi yang sedang berjalan dari RAM. Saat memuat ulang, sebuah switch akan memuat konfigurasi startup default yang semula dikirimkan bersama perangkat.

Klik Mainkan pada gambar untuk melihat demonstrasi video tentang cara menyimpan file konfigurasi switch.


Menyimpan File Konfigurasi Ke Text

File konfigurasi juga dapat disimpan dan diarsipkan ke dokumen teks. Urutan langkah-langkah ini memastikan bahwa salinan yang berfungsi dari file konfigurasi tersedia untuk diedit atau digunakan kembali nanti.

Misalnya, anggap bahwa switch telah dikonfigurasi, dan konfigurasi yang berjalan telah disimpan di perangkat.

Buka perangkat lunak emulasi terminal seperti Putty atau Tera Term (Gambar 1) yang terhubung ke switch.
Aktifkan pencatatan dalam perangkat lunak terminal, seperti Putty atau Tera Term, dan tetapkan nama dan lokasi file untuk menyimpan file log. Gambar 2 menampilkan bahwa Semua output sesi akan ditangkap ke file yang ditentukan (yaitu, MySwitchLogs).
Jalankan show running-config atau show startup-config command di prompt EXEC yang diistimewakan. Teks yang ditampilkan di jendela terminal akan ditempatkan ke dalam file yang dipilih.
Nonaktifkan logging di perangkat lunak terminal. Gambar 3 menunjukkan cara menonaktifkan logging dengan memilih opsi logging sesi None .
File teks yang dibuat dapat digunakan sebagai catatan tentang bagaimana perangkat saat ini diimplementasikan. File dapat memerlukan pengeditan sebelum digunakan untuk mengembalikan konfigurasi yang disimpan ke perangkat.

Untuk mengembalikan file konfigurasi ke perangkat:

Masuk ke mode konfigurasi global pada perangkat.
Salin dan tempel file teks ke jendela terminal yang terhubung ke switch.
Teks dalam file akan diterapkan sebagai perintah di CLI dan menjadi konfigurasi yang berjalan pada perangkat. Ini adalah metode yang nyaman untuk mengkonfigurasi perangkat secara manual.

Cara Melihat dan Menyimpan Konfigurasi pada Cisco

Related Posts

Previous
Next Post »