Cara Setting Nama Perangkat Pada Cisco (IOS)

Cara Setting Nama Perangkat Pada Cisco (IOS)


Nama Perangkat

Saat mengkonfigurasi perangkat jaringan, salah satu langkah pertama adalah mengkonfigurasi nama perangkat unik atau nama host. Nama host yang muncul dalam permintaan CLI dapat digunakan dalam berbagai proses otentikasi antar perangkat, dan harus digunakan pada diagram topologi.

Jika nama perangkat tidak dikonfigurasi secara eksplisit, nama default yang ditetapkan pabrik digunakan oleh Cisco IOS. Nama default untuk switch Cisco IOS adalah "Switch." Jika semua perangkat jaringan dibiarkan dengan nama standarnya, akan sulit untuk mengidentifikasi perangkat tertentu. Misalnya, ketika mengakses perangkat jarak jauh menggunakan SSH, penting untuk memiliki konfirmasi bahwa Anda terhubung ke perangkat yang tepat.

Dengan memilih nama dengan bijak, lebih mudah untuk mengingat, mendokumentasikan, dan mengidentifikasi perangkat jaringan. Pedoman untuk konfigurasi nama host tercantum pada Gambar 1.

Nama host yang digunakan dalam perangkat iOS mempertahankan huruf kapital dan huruf kecil. Oleh karena itu, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan huruf besar nama seperti biasanya. Ini kontras dengan sebagian besar skema penamaan Internet, di mana karakter huruf besar dan kecil diperlakukan secara identik.

Sebagai contoh, pada Gambar 2, tiga switch, yang mencakup tiga lantai yang berbeda, saling berhubungan dalam suatu jaringan. Konvensi penamaan yang digunakan mempertimbangkan lokasi dan tujuan masing-masing perangkat. Dokumentasi jaringan harus menjelaskan bagaimana nama-nama ini dipilih sehingga perangkat tambahan dapat dinamai sesuai.

Cara Setting Nama Perangkat Pada Cisco (IOS)

Cara Setting Nama Perangkat Pada Cisco (IOS)



Konfigurasi HostName

Setelah konvensi penamaan telah diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah menerapkan nama ke perangkat menggunakan CLI.

Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, dari mode EXEC yang diistimewakan, akses mode konfigurasi global dengan memasukkan perintah configure terminal . Perhatikan perubahan pada command prompt.

Dari mode konfigurasi global, masukkan perintah hostname diikuti dengan nama switch dan tekan Enter. Perhatikan perubahan nama command prompt.

Catatan : Untuk menghapus nama host yang dikonfigurasikan dan mengembalikan switch ke prompt default, gunakan perintah no global hostig config.

Selalu pastikan dokumentasi diperbarui setiap kali perangkat ditambahkan atau dimodifikasi. Identifikasi perangkat dalam dokumentasi berdasarkan lokasi, tujuan, dan alamatnya.

Gunakan Pemeriksa Sintaks pada Gambar 2 untuk berlatih memasukkan nama host pada switch.

Cara Setting Nama Perangkat Pada Cisco (IOS)

Related Posts

Previous
Next Post »