Macam-Macam Mode Operasi Pada Cisco IOS

Macam-Macam Mode Operasi Pada Cisco IOS



Macam-Macam Mode Operasi Pada Cisco IOS - Untuk awalnya mengkonfigurasi perangkat Cisco, koneksi konsol harus dibuat. teknisi jaringan harus menavigasi melalui berbagai mode perintah IOS CLI. Mode Cisco IOS menggunakan struktur hierarkis dan sangat mirip untuk switch dan router.

Mode Perintah Utama
Sebagai fitur keamanan, perangkat lunak Cisco IOS memisahkan akses manajemen ke dalam dua mode perintah berikut:
Macam-Macam Mode Operasi Pada Cisco IOS

User EXEC Mode- Mode ini memiliki kemampuan terbatas tetapi berguna untuk operasi dasar. Ini hanya memungkinkan sejumlah perintah pemantauan dasar tetapi tidak memungkinkan pelaksanaan perintah apa pun yang dapat mengubah konfigurasi perangkat. Mode EXEC pengguna diidentifikasi oleh prompt CLI yang diakhiri dengan simbol>.

Privileged EXEC Mode - Untuk menjalankan perintah konfigurasi, administrator jaringan harus mengakses mode EXEC yang diistimewakan. Mode konfigurasi yang lebih tinggi, seperti mode konfigurasi global, hanya dapat dicapai dari mode EXEC yang diistimewakan. Mode EXEC yang diistimewakan dapat diidentifikasi oleh prompt yang diakhiri dengan simbol #.

Tabel pada gambar merangkum dua mode dan menampilkan permintaan CLI default dari switch dan router Cisco.


Mode Perintah Konfigurasi
Untuk mengkonfigurasi perangkat, pengguna harus masuk ke Mode Konfigurasi Global, yang biasa disebut mode konfigurasi global.
Dari mode konfigurasi global, perubahan konfigurasi CLI dibuat yang memengaruhi operasi perangkat secara keseluruhan. Mode konfigurasi global diidentifikasi oleh prompt yang diakhiri dengan (config) # setelah nama perangkat, seperti Switch (config) # .
Mode konfigurasi global diakses sebelum mode konfigurasi spesifik lainnya. Dari mode konfigurasi global, pengguna dapat memasuki mode sub-konfigurasi yang berbeda. Masing-masing mode ini memungkinkan konfigurasi bagian atau fungsi tertentu dari perangkat iOS. Dua mode konfigurasi umum meliputi:
- Line Configuration Mode - Digunakan untuk mengkonfigurasi akses konsol, SSH, Telnet, atau AUX.
- Interface Configuration Mode - Digunakan untuk mengonfigurasi port switch atau antarmuka jaringan router.
Saat menggunakan CLI, mode diidentifikasi oleh prompt baris perintah yang unik untuk mode itu. Secara default, setiap prompt dimulai dengan nama perangkat. Mengikuti namanya, sisa prompt menunjukkan mode. Sebagai contoh, prompt default untuk mode konfigurasi baris adalah Switch (config-line) # dan prompt default untuk mode konfigurasi antarmuka adalah Switch (config-if) # .


Cara Berpindah Antar Mode IOS
Berbagai perintah digunakan untuk masuk dan keluar dari command prompt. Untuk berpindah dari mode EXEC pengguna ke mode EXEC yang diistimewakan, gunakan perintah aktifkan . Gunakan perintah menonaktifkan mode EXEC istimewa untuk kembali ke mode EXEC pengguna.
Catatan : Mode EXEC yang diistimewakan kadang-kadang disebut mode aktifkan .

Untuk keluar masuk mode konfigurasi global, gunakan perintah konfigurasi terminal mode EXEC yang diistimewakan. Untuk kembali ke mode EXEC yang diistimewakan, masukkan perintah keluar mode konfigurasi global.

Ada banyak mode sub-konfigurasi yang berbeda. Misalnya, untuk masuk ke mode sub-konfigurasi baris, Anda menggunakan perintah baris diikuti oleh jenis dan nomor baris manajemen yang ingin Anda akses. Untuk keluar dari mode sub-konfigurasi dan kembali ke mode konfigurasi global, gunakan perintah keluar . Perhatikan perubahan pada command prompt.

Switch(config)# line console 0
Switch(config-line)# exit
Switch(config)#

Untuk berpindah dari mode sub-konfigurasi mode konfigurasi global ke mode satu langkah di atasnya dalam hierarki mode, masukkan perintah keluar.
Untuk berpindah dari modus sub-konfigurasi ke privileged EXEC mode, masukkan akhir perintah atau masukkan kombinasi tombol Ctrl + Z .

Switch(config-line)# end
Switch#

Anda juga dapat berpindah langsung dari satu mode sub-konfigurasi ke mode lainnya. Perhatikan bagaimana setelah memilih antarmuka, prompt perintah berubah dari (config-line) # ke (config-if) #.
Ganti (config-line) # antarmuka FastEthernet 0/1

Switch(config-line)# interface FastEthernet 0/1
Switch(config-if)#

Related Posts

Previous
Next Post »