Apa sih Gunanya Pelajaran Sekolah ?

Artikel kali ini berjudul Apa sih Gunanya Pelajaran sekolah ?.


Source :www.dedeobi.com

Mengapa saya memilih judul ini, karena sering sekali kita ketika pelajaran matematika, fisika atau pelajaran lain, kita berfikir sebenarnya apa sih gunanya pelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari ?.
Apakah kita akan mengukur kecepatan jatuhnya sebuah kelapa dari pohon ? buat apa kita belajar kayak gtu, ngitung luas lingkaran yang tidak d ketahui jari-jarinya, itu fungsinya apa sih ???

Memang jika kita melihat secara sekilas pelajaran-pelajaran tersebut tidak ada gunanya bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, Coba deh kalian tanya ke guru matematika fisika,atau pelajaran apa yang menurut kalian ga ada gunannya. Tanya gini, misalnya ketika pelajaran mengitung garis singgung. Tanyain ke guru "Bu apasih gunanya ngitung kayak gini ?". Ada beberapa Kemungkianan seorang guru ketika mendengar pertanyaan seperti itu, pertama ia akan menjelaskan, atau ia akan bingung menjawabnya, atau malah akan memarahimu karena bertanya seperti itu.

Saya punya sedikit cerita, Waktu itu pelajaran matematika di kelas saya, Salah satu teman saya disuruh maju dengan membawa hasil kerjaanya di LKS. Di LKS itu teman saya entah iseng atau karena memang benci dengan matematika, Ia menulis seperti ini dibukunya "ada aja ya orang yang buat pertanyaan seperti ini ??-_-" dengan tulisan seperti itu pastilah seisi kelas tertawa. Lalu menurut kalian apa yang akan guru matematika kalian lakukan ? Mungkin kalian akan berpendapat bahwa guru matematika tersebuat akan marah. Namun guru matematika saya malah merespon tulisan ini dengan sebuah jawaban dengan nada humor, Ia berkata " Mengapa matematika diajarkan ? Karena matematika digunakan untuk untuk melatih otak kalian berfikir kreatif, jadi kalian ketika menemukan permasalahan kalian bisa berfikit kreatif untuk menyelesaikanya.

Setelah mendengar perkataan seperti itu, saya pun berfikir apakah benar seperti itu ??
Coba kita lihat pelajaran matematika, pelajaran matematika memang identik dengan memunculkan suatu permasalahan dengan angka, dan pasti kita disuruh untuk mencari sebuah jawaban dengan rumus atau cara yang tersedia. Jadi pastas saja jika guru saya menjawab seperti itu, Jadi menurut saya matematika yang penting bukanlah jawaban akhir dari soal tersebut, tapi dari cara menyelesaikanya, Jadi memang matematika itu melatih kita untuk berfikir kreatif. Walaupun memang matematika selalu jadi momok bagi sebagian besar pelajar,,hehe

Lalu bagaimana dengan fungsi pelajaran-pelajaran lain ??
Jika ingin mengetahui fungsi dari suatu pelajaran mari kita coba analisa dari sejak pelajaran SD, SMP, SMA/SMK sampai Kuliah.

Sekarang dimulai dari SD, Kegiatan belajar di SD biasanya akan memperkenalkan sedikit demi sedikit pelajaran dari mulai Pengenalan awal sampai sebuah permasalahan. Ketika di SD menurut saya pembelajaran ditujukan untuk mencari minat siswa, apa pelajaran yang ia sukai, dan apa cita-cita mereka. Ketika SD kalian seringkan di tanya apa cita-citanya...hehe

Menginjak SMP tingkat kesulitan dari pelajaran akan semakin meningkat, menurut saya mungkin ini bertujuan Untuk lebih memantapkan keinginan para siswa, bagi yang ingin menjadi politisi pastilah akan serius ketika pelajaran IPS atau PKN yang ingin jadi dokter pastilah berfokus pada pelajaran IPA, yang ingin jadi Guru pastilah ia harus pintar dalam setiap pelajaran,,hehe

Menginjak tahap selanjutnya yaitu SMA/SMK disini para pelajar sudah mulai serius dalam menentukan masa depan apakah setelah lulus tahap ini ia akan bekerja atau melanjutkan, jikalau ingin bekerja pastilah akan memilih SMK. Ditahapan inipun Di SMK sudah ada jurusan-jurusan sesuai minat masing-masing. Dan Di SMA pun juga ada penjurusan biasanya IPA atau IPS dengan demikian sudah jelas bahwa di tahapan SMA/SMK ini para pelajar sudah mulai berfikir mengenai masa depan.

Dan terakhir tahap Kuliah tahapan ini ada beberapa orang yang tidak melanjutkan ke tahap ini, Karena tahapan ini pelajaran benar-benar mengarah ke pendalaman yang serius dalam bidang minat masing-masing. Dan di tahap ini lah pelajar akan menemukan ilmu puncak dari minatnya.

Nah dari paparan diatas, menurut saya tujuan dari pelajan disekolah adalah untuk menentukan masa depan seseorang dan melatih seseorang untuk berbudi yang baik dan mampu untuk berfikir cerdas dalam mengatasi suatu masalah.

Nah mungkin itulah sedikit paparan mengenai Pelajaran sekolah yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat, dan pesan dari artikel ini adalah jangan malas-malasan belajar karena itulah yang akan menentukan masa depanmu,,hehe
Oke sekian dulu sobat,,
Terimakasih...

Related Posts

Previous
Next Post »