Peran Sahabat atau Teman di Kalangan Remaja

Sahabat di Kalangan Remaja >>



Source :sehatnesia.com
Sahabat,,,,
Mungkin inilah hal yang bisa dipilang sangat berpengaruh ketika remaja. Ketika remajalah kita akan memaknai apa itu sahabat, memaknai betapa menyenangkan ketika bersama sahahat. Bahkan terkadang beberapa remaja lebih mendengarkan perkataan sahabat / temannya dibanding orang tuanya.

Sebenarnya apa sih itu sahabat sampai berpengaruh begitu besarnya di kehidupan remaja ?

Berdasarkan pengertiannya yang bersumber dari wikiperdia.org sahabat atau teman adalah hubungan yang menggambarkan mengenai perilaku saling mendukung dua orang atau lebih.
Melihat dari pengertian tersebut sudah jelas berarti bahwa sahabat adalah seseorang yang mendukung kita ketika kita melakukan sesuatu yang positif dan mengingatkan kita apabila kita salah.

Lalu mengapa sangat berpengaruh bagi remaja ?

Mungkin karena remaja lebih suka berbagi masalah dengan sahabatnya dalam artian curhat atau miinta solusi dalam suatu hal. Dan waktu para remaja pun akan lebih banyak dihabiskan dengan para sahabatnya entah melakukan hal apapun. Dan hal yang paling sering kita dapat dalam persahabatan adalah kebahagiaan, mungkin akan ada kasus dimana seorang sahabat akan menjauhimu ketika ada masalah, tapi percayalah jika memang ia sahabat baikmu pasti aka ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah.

Sahabat begitu berpengaruh bagi para remaja karena jika seorang remaja salah dalam memaknai apa itu sahabat. Jika seseorang memaknai sahabat sebagai seseorang yang menyenangkan tanpa memperhatikan apa yang ia lakukan dalam memperoleh kesenangan, mungkin ia malah akan memilih sahabat yang akan menjerumuskanya ke hal-hal negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas.
Sekali lagi arti sahabat adalah orang yang mendukungmu untuk melakukan hal hal positif dan mengingatkanmu ketika kamu salah.

Berarti kita tidak boleh berteman dengan orang yang buruk ?

Jika mendengar pertanyaan itu mungkin sekilas orang akan menjawab, "tentu saja tidak" tapi jika lihat dalam realita ketika kita hidup di lingkungan sosial pasti akan ada teman kita yang sifatnya kurang baik seperti suka merokok, narkoba, minum-minuman keras. Dalam hal ini kita boleh saja berteman dengan mereka asalkan kita tau batas-batas pertemanan itu sendiri, jika ia memang sahatmu pasti ia tidak akan memaksa mu untuk melakukan hal yang dilakukanya. Dan kitapun sedikit demi sedikit juga harus mengingatkan mereka bahwa hal yang mereka lakukan itu tidak baik.

Peran seorang teman sangatlah penting dikalangan remaja, karena teman adalah hal yang membantu kita dalam menemukan jati diri ketika dalam proses pencarian jati diri, teman juga akan mempengaruhi bagaimana sikap kita.
biasanya ketika menemukan kecocokan dengan temannya seseorang akan mudah terpengaruh dengan temannya tersebut. Nah diposisi inilah teman berperan dalam menentukan sifat seseorang apabila seorang remaja tidak bisa membatasi mana hal yang baik dan hal yang buruk. Karena kebanyakan apabila sudah menjadi teman akrab ia tidak akan pernah memperhatikan hal baik atau buruk asalkan dilakukan bersama. Hal ini lah yang harus diperhatikan agar seorang remaja tidak terjerumus ke hal-hal buruk.

Teman atau Sahabat memang hal yang tidak mungkin tidak dimiliki oleh seorang remaja. Kita tentu memiliki teman atau sahabat, dan kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang akan membuat kita tersenyum setiap harinya, yang akan membuat kita merasa bahwa kita bisa melakukan segalanya, dan yang akan mewarnai hari-hari. Suatu saat ketika kita sudah mulai disibukkan dengan kehidupan kerja, pasti kita akan merindukan saat dimana kita bebas berekspresi bersama teman-teman. Biasanya seseorang berteman karena adanya kecocokan antar pribadi yang seolah akan terlihat seperti saudara. Mungkin itulah sahabat saudara namun beda keluarga,,hehe


Mungkin itulah sedikit dari saya mengenai Teman atau Sahabat, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya dan semoga dapat menambah wawasan,,hhe
Terimakasih :)

Related Posts

Previous
Next Post »