Mengendalikan Amarah, Jadi Orang Sabar

Mengendalikan Amarah, Jadi Orang Sabar>>


Source :www.simplyprimelaundry.com

Amarah ??

setiap orang pasti memiliki amarah, dan setiap orang pasti juga pernah marah kan. Marah adalah hal yang wajar bagi seorang manusia. Marah akan terjadi apabila ada sesuatu yang membuat kita kesal, bukan hanya itu sih penyebabnya, banyak sekali hal-hal yang membuat seseorang, dan terkadang pun ada hal-hal sepele yang akan membuat seseorang marah besar. Seiring ada istilah marah maka akan muncul kata-kata SABAR..
Lalu apa sabar itu ?

Pengertian sabar yang saya kutip dari wikipedia.org yaitu suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya. Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan.  Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Jika melihat dari pengertianya sabar salah satu fungsi dari sikap sabar yaitu untuk menahan emosi. Dalam kata lain sabat dapat membuat kita untuk tidak marah. Selain itu dipengertian itu juga di jelaskan bahwa sifat sabar sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh seseorang. Ya  karena sifat sabar memang identik dengan orang-orang alim,,hehe
jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menolak sifat sabar kan. ?

Lalu bagaimana cara kita menjadi orang sabar ?

Dalam hal ini saya garis bawahi bahwa yang akan saya jelaskan adalah sifat sabar dalam menahan marah. Nah sering kali kita marah tak terkendali entah itu karena masalah besar atau masalah kecil. Sering kali kita tidak bisa mengendalikan amarah, tanpa pikir panjang kata-kata kasar pun langsung keluar begitu saja. Memang marah itu susah dikendalikan, tapi pernahkah kalian mencoba menahan marah ? Untuk menahan marah memang bukanlah hal yang mudah, tapi jika kalian sudah terbiasa maka sifat sabarpun akan terbentuk. Karena marah atau amarah kita biasanya hanya bersifat sesaat atau bisa dibilang tidak permanen.

Karena ketika seseorang dalam keadaan marah biasanya tidak akan bisa berfikir menggunakan logikanya, tapi lebih menggunakan nafsu dalam melakukan sesuatu, sehingga banyak orang yang melakukan hal-hal yang tidak masuk akal ketika dalam keadaan marah. Nah cobalah untuk menahan emosi atau marah kalian sampai fikiran anda kembali jernih tidak dikendalikan oleh hawa nafsu, dengan begitu anda bisa berfikir menggunakan logika anda kembali. dan pasti sedikit demi sedikit rasa marah dalam diri anda akan hilang.

Kesimpulannya adalah untuk menahan marah, kita hanya perlu untuk mengembalikan logika kita dalam berfikir, agar kita tidak di kendalikan oleh hawa nafsu yang biasanya membawa kita ke hal-hal yang buruk.
Nah mungkin itulah hal yang dapat saya tulis mengenai amarah dan cara agar tidak mudah marah alias jadi orang sabar,,hehe
Siapa sih yang tidak ingin jadi orang sabar, karena biasanya orang sabar itu disenangi oleh teman-temannya dan juga disayang tuhan,,hehe



Oke mungkin sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semuanya,,hehe
sampai jumpa dan Terimakasih ...:)

Related Posts

Previous
Next Post »