Pengertian Sistem Operasi dan Komponennya

Pengertian Sistem Operasi dan Komponennya


Pengertian Sistem Operasi dan Komponennya  -  SISTEM OPERASI (OPERATION SYSTEM) adalah  Program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer .  Dilihat dalam konteks pengembangan program  aplikasi,OS menutup detail hardware  yang rumit kepada programmer  dan  menyediakan antarmuka yang mudah bagi programmer  dalam mengembangkan suatu program. Komponen sistem operasi antara lain : managemen memori utama, managemen secondary storage, managemen sistem I/O, managemen  berkas, sistem proteksi, jaringan, managemen proses.
·         
Berikut adalah penjelasan tiap komponennya :
1. Manajemen Proses 
Berfungsi untuk Pembuatan atau penghapusan proses yang dibuat oleh pengguna dan sistem proses  , Menunda atau melanjutkan proses  , Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.  Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.  Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.

2. Manajemen Memori Utama 
Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O , Memoriutama termasuk tempat penyimpanan data yang sementara (volatile),artinya data dapat hilang begitu sistem dimatikan.  
Manajemen memori utama berfungsi untuk Menjaga dan memelihara bagian-bagian track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya ,Memutuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memori jika masih ada ruang di memori   dan Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.

3. Manajemen Memori Sekunder  
Manajemen memori sekunder  bertanggung-jawab atas aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan disk-management seperti : Pengaturanruangkosong(free-space management), Alokasi penyimpanan, Penjadwalan disk.

4. Manajemen Sistem I/O 
Berfungsi Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis,menutup) . Sistem buffer-caching - Antarmuka device-driver secara umum  dam Menyediakan driver untuk device hardware-hardware tertentu.
Komponen Sistem operasi untuk sistem I/O :   .
Buffer berfungsi untuk menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O. . 
Spooling : melakukan penjadwalan penggunaan I/O sistemsupaya lebih efisien (antrian dan sebagainya).  .Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi yang mendetail untuk perangkat keras I/O tertentu. 

5. Manajemen Berkas/File  
Berfungsi untuk Pembuatan dan penghapusan berkas  ,Pembuatan dan penghapusan direktori  ,Mendukung manipulasi berkas dan direktori Memetakan berkas ke secondary storage  ,Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (nonvolatile).

6. Sistem Proteksi
Beberapa mekanisme untuk mengendalikan akses program, proses, atau pengguna pada sumber daya yang ditugaskan oleh sistem computer. Jika sistem komputer mempunyai berbagai pengguna danmengijinkan eksekusi bersamaan dan berbagai proses, proses-proses tersebut harus diproteksi dari satu atau aktifitas yang lain.

7. Jaringan
Sistem terdistribusi yang mengumpulkan prosesor-prosesor yang tidakberbagi memori, perangkat periferal, atau clock, kemudian dihubungkan melalui jaringan komunikasi (communication network) yang dapat dikonfigurasi dalam sejumlah cara yang berbeda


SISTEM OPERASI : Windows. Linux . unix. Solaris. Novel. Mac os. DOS. Free BSD
SISTEM OPERASI MOBILE : Maemo, symbian, windows, palm os, android, ios, blacberry. Bada, nukleus, java

Related Posts

Previous
Next Post »