PERGERTIAN JENIS – JENIS APLIKASI BESERTA CONTOHNYA

PERGERTIAN JENIS – JENIS APLIKASI BESERTA CONTOHNYA


PERGERTIAN JENIS – JENIS APLIKASI BESERTA CONTOHNYA - Sebelum membahas berbagai perangkat lunak aplikasi wajib kita ketahui jenis jenis bahasa pemprograman yang ada saat ini. Karena Perangkat lunak bahasa yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode bahasa yang digunakan. Tingkat bahasa pemograman, 1. Hardware 2. Machine language, assembly language , highlevel language.

1. Bahasa mesin 
Bahasa mesin memiliki karakteristik Microinstruction, Panjang & sulit dimengerti ,Tergantung rangkaian mesin, Proses cepat , kode program Berupa bilangan biner, desimal, hexadecimal. Pada umumnya bahasa mesin hanya dimengerti oleh mesin itu sendiri.

2. Bahasa tingkat rendah 
Bahasa tingkat rendah memiliki karakteristik  Macroinstruction, Panjang dan sulit dipahami, Tergantung arsitektur mesin, Proses cepat, Membutuhkan assembler .Contoh : Tasm3, Assembly

3.     Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi Menyerupai bahasa manusia , Mudah dipahami, Tidak tergantung arsitektur mesin, Membutuhkan compiler atau interpreter. Contoh : Basic, Pascal, delphi, Visual Studio, Perl, Phyton, C, C++, Java.

Program aplikasi dibagi menjadi 2 kelompok. Antara lain program aplikasi dan  program utilitas. Program utilitas dibagi lagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan fungsinya. antivirus, spyware remover, file compression, cd/dvd burning dan computer maintenance.
1. Program Aplikasi
Program aplikasi adalah Program siap pakai yang dibuat untuk membantu pekerjaan pengguna Program aplikasi yang dibuat khusus, contoh : program gaji untuk perusahaan, Payroll, GL, MYOB,dll Program aplikasi yang dapat digunakan banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Ada Word Processing, Data Processing, Database Management System, Graphic , Program Akutansi, Program Statistic,Multimedia, Game.

2. Program Utilitas 
Program utilitas adalah Perangkat lunak yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengonfigurasi, mengoptimalkan, dan memelihara computer. Ada Antivirus, Spyware Remover, File Compression, CD/DVD Burning Computer Maintenance.

Antivirus : program utilitas yang berfungsi untuk melakukan scanning dan membersihkan virus pada komputer. Contoh : BitDefrnder, Kaspersky, Avira, AVG ,Norton ,Microsoft Security Essential, McAfee, Avast ,NOD32 ,Smadav ,Vipre.

Spyware Remover : program utilitas yang digunakan untuk membersihkan spyware pada komputer. Contoh : Easy Erase Spyware ,Remover Ad-Aware ,PC Spyware Remover Pro, BPS Spyware and Adware Remover, AIM Spyware Remover , Blue Spyware Remover , Netcom3 Free Spyware Remover.

File Compression : program utilitas yang berfungsi untuk melakukan kompresi atau mengekstrak file. Contoh : PKZIP , WinZip,  WinRAR,  7ZIP , WIN UHA, IZArc , PeaZIP.

CD/DVD Burning : Program utilitas yang berfungsi untuk melakukan burning pada CD/DVD. Dengan menggunakan program cd/dvd burning ini  dapat meningkatkan kualitas cd yang diburning. Contoh : Creator 7 ,Nero, StarBurn , Okeker , Infra Recorder, ImgBurn ,DeepBurner, Ashampoo Burn Free, Cdrtfe

Computer Maintenance : Program utilitas yang digunakan untuk seputar maintenance pada komputer seperti memperbaiki registri, menghapus file sampah, mempercepat startup komputer. Contoh : CCleaner Norton SystemWorks Premier Tune Up Utilities Glary Utilities Advance Systemcare


Baca Juga :

Related Posts

Previous
Next Post »