SOAL SOAL LATIHAN UAS TELEKOMUNIKASI 1

SOAL SOAL LATIHAN UAS TELEKOMUNIKASI 1


1. Mengapa pada malam hari penerimaan gelombang radion lebih jernih dan jelas dibandingkan pada siang hari??

Karena pada malam hari terdapat ionosfer yang memantulkan gelombang radio yang diterima, sehingga dapat dipancarkan dengan jarak yang lebih jauh,sedangkan pada siang hari energi matahari menyerap gelombang radio, sehingga pancaran menjadi lebih dekat.


2. a. jelaskan yang dimaksud modulasi negative pada pemancar televisi.
b. apa yang dimaksud dengan isyarat video komposit?
c. apa yang dimaksud dengan isyarat kromatis.
d. bagaimana prinsip pemayaran pada televisi dan mengapa harus ada pemadaman (blangking) pada proses pemayarannya?

a. modulasi negative adalah modulasi dengan Titik cerah (terang) diwakili dengan tegangan rendah, sedangkan tegangan tinggi untuk mewakili titik gelap. Pada sistem ini makin hitam gambar makin besar daya yang diperlukan. isyarat putih yang mempunyai amplitudo tinggi akan menghasilkan isyarat termodulasi dengan amplitudo rendah, sehingga pada saat tidak ada gambar yang dipancarkan daya yang diperlukan minimum.

b. Video Komposit adalah  isyarat video kamera perlu dilengkapi dengan denyut-denyut pemadaman (blanking) dan penyerempakan (sinkronisasi). atau singkatnya Isyarat Video beserta Blanking dan Sinkronisasi.

c. isyarat kromatis adala isyarat yang mengatur nada warna primer(biru merah kuning) pada isyarat TV berwarna.

d. Pemayaran adalah proses mengikuti urutan elemen-elemen gambar secara langkah demi langkah dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.  Dimulai dari ujung kiri atas menuju ke kanan dengan agak lambat, kemudian bergerak cepat ke kiri untuk berganti baris berikutnya.  Demikian seterusnya sampai ke bawah.  Gerak dari kiri ke kanan disebut langkah maju (trace) horizontal.   Gerak dari atas ke bawah disebut langkah maju vertical.   Gerak kembali dengan sangat cepat ke kiri disebut langkah balik (retrace) horizontal.  Setiba ditepi bawah, harus segera kembali ke tepi atas disebut langkah balik vertikal (fly-back), dan tidak perlu secepat langkah balik horizontal.
Harus dilakukan pemadaman (blangking ) pada saat proses pemayaran adalah agar gambar tidak bertumpuk tumpuk. Jadi setelah frame selesai ditampilkan dilakukan pemadaman agar frame yang selanjutnya dapat ditampilkan.


3. a. jelaskan cara multipleks pada saluran serat optis?
b. jelaskan tentang rugi-rugi pada serat optis.
c. jelaskan tentang ragam serat optis.


a. multipleks pada saluran serat optis dapat menggunakan du acara yaitu : WDM(Wavelength Division Multiplexing dan FDM(Frequency Division Multiplexing).

b.  Susutan / Rugi -Rugi (Attenuation) : Cahaya yang keluar dari ujung serat di sisi penerima lebih redup dari pada yang masuk di ujung pengirim. Susutan dapat diakibatkan oleh :
Serapan (absorbsi), karena adanya pengotor (partikel logam, partikel air) pada bahan serat, misalnya 0,15dB/km,
Hamburan Rayleigh, yaitu cahaya dalam teras terhambur (sehingga ada yang keluar dari teras) karena struktur partikel pada teras tak teratur, misal 4,8 dB/km (pada  = 630 nm) dan 0,8 dB/km (pada  = 1000 nm),
Pelengkungan (bending) serat, baik karena serat didalam kabel agak berkelok-kelok (microbending) atau karena kabel terlalu menikung (macrobending).

c. Ragam serat optis dibagi menjadi ragam Tunggal dan Ragam Jamak.
Serat optik ragam tunggal mempunyai diameter inti (core) antara 8 - 10 µm dan selubung (cladding) 125 µm. Mode cahaya tunggal menjalar pada serat dengan arah paralel terhadap panjang serat dan dapat dipertahankan sampai jarak yang jauh lebih panjang daripada serat jenis ragam jamak sehingga dapat digunakan untuk sensor jarak jauh hingga 5-10 km. Kelemahannya, karena ukuran inti serat yang kecil maka harus menggunakan sumber cahaya laser yang cukup mahal harganya dan cukup susah pengoperasiannya (memerlukan rangkaian untuk stabilisasi, dll.).
Serat optik jenis ragam jamak mempunyai diameter inti sekitar 50 - 62.5 µm umum digunakan untuk berbagai aplikasi jarak pendek (hingga 1 – 2 km), misalnya untuk sistem komunikasi LAN (local area network). Kelebihannya, karena ukuran intinya yang lebih besar maka lebih mudah penanganannya dan bisa menggunakan sumber cahaya yang lebih murah seperti LED (Light Emitting Diode).


4. a. apa yang dimaksud dengan orbit satelit geostationer
b. jelaskan secara singkat transponder pada satelit.

a. orbit geostasioner adalah orbit yang menyebabkan waktu revolusi satelit sama dengan rotasi bumi atau satu hari dengan jarak 36.000 KM dari bumi. Contoh satelit yang mengorbit pada geostationer adalah satelit palapa dan intelsat.

b. Transponder (TRANSmitts the downlink by resPONDing the uplink signal) merupakan bagian elektronik untuk keperluan komunikasi. Sehingga stasiun dibumi dapat tetap dapat berkomunikasi dengan stasiun dibumi.  Setiap transponder menangani satu lebar bidang frekuensi, misalnya 36 MHz + 4 Mhz pemisah.

Related Posts

Previous
Next Post »