Format Laporan Penelitian

Format Laporan Penelitian>>

Source :www.clipartbest.com
Morgen guys, hari ini saya akan memberikan informasi untuk yang lagi bingung dalam penyusunan skripsi maupun laporan-laporan penelitian yang lain
Bagi beberapa pelajar tentu tidak asing dengan penelitian, baik pelajar SMP, SMA, maupun Mahasiswa tidak terlepas dari adanya Penelitian. Setelah mengadakan penelitian kita harus membuat yang namanya laporan penelitian. Karena pada dasarnya, tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan/mengungkap kebenaran. Karena terbatasnya ingatan manusia, oleh karena itu laporan penelitian haruslah dicatat dan disusun secara sistematis. Bagi sebagian besar pelajar menganggap bahwa penyusunan penelitian merupakan bagian tersulit dalam sebuah kegiatan penelitian. Nah, disini saya akan memberikan beberapa informasi tentang bagaimana format yang baik dalam sebuah laporan.
Pengertian penelitian
Sebelum membahas tentang format laporan penelitian kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan penelitian. Penelitian merupakan suatu pencarian fakta ilmiah dengan metode objektif yang jelas berlandaskan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara metodologis, sistematis, dan konsisten, serta bertujuan untuk menemukan hubungan antara fakta atau kebenaran sehingga menghasilkan hukumyang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Sekarang kita menginjak pada pembahasan tentang Format laporan penelitian.

Format penulisan laporan penelitian :

1.      Bahan/bagian pendahuluan ( Prelimary Materials)
Di dalam sebuah laporan penelitian para peneliti menjelaskan kepada para pembaca terutama tentang sistematika tulisan agar pembaca dapat mengikutinya dengan mudah dandiajak menjelajahi garis besar isi laporan. Apabila pembaca hanya ingin membaca bagian yang menarikperhatiannya saja, maka dengan mudah dapat menemukan halamannya. Bagian pendahuluan terdiri dari beberapa bagian :
a.       Halaman judul
Merupakan halaman yang tertera di paling depan dalam sebuah laporan yang memberi gambaran tentang apa halyang diteliti oleh seorang peneliti.
b.      Kata pengantar
Berisi tentang ungkapan para penulis  dan sambutan para penulis terhadap karya tulis yang dibuatnya.
c.       Daftar isi
Merupakan bagian penting dari sebuah laporan yang berisi tentang daftar judul dari per tiap pembahasan yang disertaidengan halaman masing-masing untuk memudahkan pembaca mencari bagian yang ingin ia baca.
2.      Laporan/bagian Inti (Body Of The Paper)

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang/Permasalahan
Dalam perumusan latarbelakang dilakukan dengan memaparkan secara ringkas mengenai teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah,maupunpengalaman atau pengamatan pribadi yang terkat erat dengan pokok masalah.
B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah disusun berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas.
C.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian disusun dengan mempertimbangkan antara latar belakang dengan perumusan masalah.
BAB II PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
A.    Penemuan yang lalu
dalam penyempurnaan hasil penelitian, seorang peneliti memaparkan tentang hasil penelitian atau hal-hal yang telah dirintis oleh peneliti lain untuk memberikan penekanan pentingnya permasalahan dan memberikan petunjuk kepada pembaca tentabg penyempurnaan hasil penelitian terdahulu.
B.     Teori yang mendasari
Beberapa teori dapat diambil dari teori-teori yang dikemukakan oleh tokoh pengemuka teori yang berhubungan dengan topik penelitian.
C.     Ringkasan dan Cara Berfikir
Memuat tentang kesimpulan dari teori yang telah dipaparkan sebelumnya dan alur berfikir peneliti mengenai teori yang diasumsikan kedalam penelitian yang dia lakukan
D.    Hipotesis
Merupakan dugaan atau jawaban sementara dari suatu penelitian yang harus diuji kebenarannya dengan jalan riset atau penelitian. Hipotesis akan ditolak jika faktanya menyangkal.
BAB III METODOLOGI
A.    Pemilihan subjek (populasi, sampel, dan eknik sampling)
pemilihan metode penelitian dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain : Tujuan penelitian, Sampel penelitian, lokasi,pelaksana, biaya dan waktu, serta data.
B.     Desain dan Pendekatan penelitian
Dalam melakukan penelitian ada 2 pendekatan yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif diperoleh dengan data yang berbentuk uraian kata-kata atau kalimat. Sedangkan data kualitatif diperoleh dalam bentuk statistik.
C.     Pengumpulan Data
Cara memperoleh data dikenaldengan metode pengumpulan data. Beberapa contoh pengumpulan data antara lain : wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi.
BAB IV PELAKSANAAN PENELITIAN
A.    Validasi Instrumen
Merupakan alat untuk mengumpulkan data penelitian berupa checklist, metode dokumentasi digunakan instrumen pedoman dokumentasi.
B.     Pengumpulan dan Penyajian Data
Pengumpulan data penelitian berhubungan dengan instrumen penelitian. Pemilihanpenelitian ini harus mempertimbangkan tujuan penelitian,besarnya sampel penelitian, lokasi, jumlah peneliti, biaya dan waktu, serta keakuratan data yang di inginkan,jadi sama persis dengan pemilihan metode penelitian.
C.     Analisis Data
Pada dasarnya pengolahan analisis data penelitian ini tergantung pada jenis datanya berbentuk statistik (kualitatif) atau berbentuk pernyataan dengan kata-kata atau tindakan (kuantitatif).
D.    Hasil Analisis
Hasil analisis disajikan berdasarkan data yang telah dianalisis pada bagian analisis data.
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil penelitian
Hasil penelitian merupakan bagian yang menjelaskan tentang hasil yang dicapai dalam sebuah penelitian,merupakan bagian paling penting dalam sebuah penelitian karena menyangkut kebenaran.
B.     Pembahasan
Pada bagian ini akan dibahas tentang kebenaran hopotesis dengan penelitian yang telah dilakukan
BAB VI PENUTUP
Pada dasarnya penutup dalam sebuah laporan berisi tentang kesimpulan dan saran yang merupakan timbal balik dengan penelitian yang telah dilakukan.
3.      Bagian penunjang
a.       Kepustakaan
b.      Lampiran
c.       Indeks

Format laporan penelitian diatas merupakan format dasar dalam sebuah laporan, anda bisa mengembangkannya dalam menulis laporan penelitian sesuai dengan penelitian anda. Untuk kekurangannya admin mohon maaf, sekian informasi yang dapat admin berikan semoga bermanfaat. :)

Related Posts

Previous
Next Post »